Sukses

Lifestyle

Unilever Indonesia Salurkan Fasilitas Cuci Tangan ke 48 Ribu Keluarga di DKI Jakarta

Fimela.com, Jakarta Angka kasus positif Corona di Indonesia masih terus bertambah setiap harinya. Pemerintah telah mengerahkan berbagai upaya untuk menekan kurva agar menjadi landai. Namun, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Demi menghentikan penularan dan menjaga keselamatan keluarga, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan salah satu cara terbaik yang bisa masyarakat lakukan. 

Untuk itu, Unilever Indonesia mendonasikan 385 unit fasilitas cuci tangan portable yang disalurkan melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 atau STPC-19. Fasilitas cuci tangan ini akan ditempatkan di 63 RW wilayah pengendalian ketat (WPK) di DKI Jakarta. Fasilitas cuci tangan ini juga akan menjangkau 48.529 keluarga. 

Selain penyaluran fasilitas, Unilever Indonesia juga menggandeng Lifebuoy dan KlikDokter untuk memberikan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sancoyo Antarikso, Direktur Governance & Corporate Affairs dan Sekretaris Perusahaan PT Unilever Indonesia berharap, donasi dan edukasi ini dapat melindungi masyarakat dari penyakit dengan kebiasaan mencuci tangan. 

“Setelah mendonasikan lebih dari 40.000 alat tes PCR melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Unilever Indonesia kembali mengukuhkan komitmennya untuk mengambil peran dalam penanganan COVID-19. Masa pandemi telah membuat masyarakat menyadari pentingnya cuci tangan menggunakan sabun sebagai langkah untuk menghindari penyakit. Bersama brand kami, Lifebuoy yang sudah lebih dari 86 tahun menjaga keluarga Indonesia dari kuman, kami ingin memberikan akses yang lebih luas terutama di titik-titik rawan COVID-19 untuk melindungi masyarakat dari penyakit dengan kebiasaan cuci tangan yang baik dan benar,” jelas Sancoyo. 

Pemberian donasi ini dilaksanakan di Kantor Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) kepada Panglima Komando Kodam Jaya, Mayjen TNI, Eko Margiyono dan disaksikan oleh Doni Monardo, Kepala BNPB.

Panduan Protokol Kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru

Sebelumnya, Lifebuoy telah memberikan edukasi PHBS lewat program Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hingga tahun 2019, program ini telah menjangkau 99 juta penerima lewat program berbasis Sekolah, Posyandu, dan Rumah Sakit. Tidak hanya itu, kerja sama Lifebuoy dengan KlikDokter juga meliputi pembuatan materi edukasi Panduan Protokol Kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat. 

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan dari Unilever Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan pihak swasta seperti Unilever Indonesia yang secara berkelanjutan mengambil peran mendukung upaya kami untuk terus melindungi masyarakat dari penyebaran virus,” jelas Doni.

Sementara itu, Dino Bramanto selaku Direktur Utama KlikDokter mengatakan, materi edukasi Panduan Protokol Kesehatan Adaptasi kebiasaan Baru dapat diakses lewat situs KlikDokter. 

“Materi Ini juga akan tersedia secara online melalui situs KlikDokter (www.klikdokter.com) sehingga dapat diakses seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Masyarakat juga dapat memperoleh konsultasi dengan dokter secara online untuk keluhan terkait COVID-19 maupun kesehatan secara umum melalui fitur Livechat. Kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan penuh kepada pemerintah dalam memutus rantai penularan COVID-19," tutupnya. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading