Sukses

Lifestyle

Kesamaan-Kesamaan Unik dalam Keluarga yang Kusebut Kebetulan Genetik

Fimela.com, Jakarta Setiap keluarga memiliki banyak kisah dan makna tersendiri. Baik kisah bahagia maupun kisah yang berurai air mata. Kisah tentang orangtua, saudara, atau kerabat dalam keluarga. Ada makna dan pelajaran yang bisa dipetik dari setiap kisah yang kita miliki dalam keluarga. Melalui Lomba My Family Story ini Sahabat Fimela bisa berbagai kisah tentang keluarga.

***

Oleh: Nova Yusmira

Saya berasal dari Minangkabau (Sumatera Barat) yang menganut sistem matrilineal, yaitu suatu sistem kekerabatan yang mengikuti garis keturunan ibu. Di keluarga ibu saya, selalu terdapat kejadian-kejadian tertentu yang berulang terjadi, antara lain anak pertama di keluarga kami selalu perempuan dan anak kedua selalu laki-laki. Kemudian, anak ketiga selalu memiliki tanggal lahir yang sama dengan ayahnya.

Pola ini tidak hanya terjadi pada nenek, ibu saya dan saudara-saudara perempuannya, tapi juga terjadi pada anak perempuan ibu saya dan anak perempuan dari tante saya. Pola lainnya adalah cucu ketiga dari anak perempuan selalu perempuan, namun cucu ketiga dari anak laki-laki selalu laki-laki. Perbedaan ini mungkin terjadi karena cucu laki-laki dari anak laki-laki tidak memiliki garis keturunan matrilineal yang sama dengan kami, sehingga tidak semua kebetulan serupa yang terjadi pada kami terjadi juga pada mereka.

Keunikan-Keunikan dalam Keluarga

Selain itu, ada pula kejadian-kejadian yang unik yang berkaitan dengan pekerjaan. Tahun 1990-an, dua adik perempuan ibu saya sama-sama lulus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun yang sama dengan profesi yang sama, yaitu guru Sekolah Menengah Atas (SMA). Kemudian di tahun 2000-an, dua kakak perempuan saya menjadi PNS di tahun yang sama dengan profesi yang sama, yaitu dosen. Tahun 2010-an, giliran saya dan kakak saya yang menjadi PNS di tahun yang sama dengan profesi yang sama, yaitu pegawai di kementerian yang sama. Padahal kami semua lulus murni tanpa membayar sogokan atau bantuan ‘orang dalam’.

Hal unik lainnya adalah menantu ibu dan tante saya semuanya berawalan huruf ‘i’. Aneh ya? Hahaha… Karena banyak kesamaan yang berulang inilah, maka kami menyebutnya kebetulan yang genetik.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Zodiak Ini Paling Gampang Kesal dengan Hal-Hal Sepele
Artikel Selanjutnya
25 Tahun Berumah Tangga, Rezeki Selalu Saja Ada untuk Keluarga