Sukses

Lifestyle

Viral Kemunculan Pesut Mahakam, Hewan yang Terancam Punah di Sungai

Fimela.com, Jakarta Dunia maya diramaikan dengan unggahan video yang menggambarkan ikan pesut Mahakam di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Unggahan video ini pertama kali muncul di media sosial Twitter oleh akun Syaiful Bahri.

Kemunculannya pun menjadi harapan bagi masyarakat bahwa mamalia air ini belum sepenuhnya punah. Sekaligus menggambarkan kondisi air di sungai tempat ia muncul.

Kemunculan pesut Mahakam ini menjadi perbincangan warganet merupakan hewan mamalia tertua yang kini terancam kepunahannya. Pesut Mahakam sendiri disebut juga sebagai lumba-lumba Irrawandy yang hidup di sungai air tawar daerah tropis. Ia akan hidup berkelompok dengan 6-9 ekor dalam satu kumpulan.

 

Mengenal pesut Mahakam

Ciri-ciri dari pesut Mahakam mirip dengan lumba-lumba. Dengan dahi menonjol dan paruh pendek serta memiliki 12-19 gigi di setiap kedua sisi rahangnya. Massa tubuh hewan ini bisa mencapai 143 kg dengan panjang hingga 275 cm. Mamalia yang cukup besar, bukan?

Dengan tubuhnya yang besar, pesut Mahakam sangat menyukai wilayah pantai yang berlumpur dan air payau di muara sungai. Sehingga, ia biasa ditemukan di daerah pantai di Asia Selatan dan Tenggara. Selain itu, hewan yang satu ini juga bisa ditemukan di sungai Ayeyardwady, Myanmar; Mahakam, Kalimantan Timur; dan Mekong.

Hingga kini, diperkirakan populasi pesut Mahakam hanya tinggal sekitar 92 ekor. Menjadikannya sebagai salah satu hewan yang dilindungi.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading