Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Telur ala Koki agar Lebih Menarik dan Enak

Fimela.com, Jakarta Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sangat penting. Makan makanan yang berrgizi adalah salah satu cara untuk menjaga asupan nutrisimu. Telur merupakan bahan makanan yang tinggi akan kandungan protein. Telur sangat baik dikonsumsi, karena bisa menyehatkan tubuh manusia.

Rutin mengonsumsi telur bisa membantu meningkatkan sistem kinerja otak, menjaga kekuatan dan daya tahan tubuh, menurunkan berat badan dan mencegah penyakit kanker serta jantung. Telur bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti di rebus, digoreng atau ditumis.

Menurut seorang koki yang handal, ada banyak tips memasak telur, agar lebih menarik dan enak untuk dinikmati. Berikut tips memasak telur, ala koki agar lebih menarik dan enak, dilansir dari berbagai sumber:

 

Menyaring Telur

Tips membuat telur ala koki yang pertama yaitu menyaring telur terlebih dahulu sebelum kamu membuat telur dadar. Kamu bisa mengocok telur terlebih dahulu. Sebelum menuangkan ke saringan, agar putih dan kuning telur tercampur terlebih dahulu.

Teknik menyaring telur sebelum membuat telur dadar, bisa membantu memisahkan telur dari kotoran, atau hal yang tidak diinginkan seperti cangkang telur. Tips ini juga bisa membuat tekstur telur lebih sempurna, lembut dan halus, saat dimasak menjadi telur dadar.

Memasak di Air Mendidih

Tips memasak telur ala koki yang selanjutnya yaitu memasak telur orak-arik dengan teknik memasak di atas air mendidih. Teknik ini cukup unik, karena biasanya memasak telur orak-arik menggunakan wajan penggoreng. Tetapi teknik ini bisa membuat telur orak-arik lebih enak.

Kamu bisa memasak air di wadah seperti panci sampai mendidih, lalu tambahkan kocokan telur, dan masak telur hingga telur mengembang. Praktis dan tentu saja telur yang kamu masak pun berbeda.

Merebus Telur dengan Plastik

Cukup unik tips ala koki yang satu ini yaitu merebus telur menggunakan plastik tanpa menggunakan cangkang telur. Teknik biasanya digunakan untuk memasak telur apung yang cara memasaknya dengan merebus telur di dalam air panas dengan keadaan setengah matang tanpa cangkang.

Kamu bisa memasukkan telur tersebut dalam sebuah plastik, lalu ikat dengan erat, dan rebus telur selama maksimal 10 detik saja.

Merebus dengan Oven

Selain untuk memanggang makanan, oven bisa digunakan untuk membuat rebusan telur, seperti yang dilakukan koki profesional. Taruhlah sejumlah telur ke dalam loyang yang biasanya digunakan untuk membuat cupcake. Pangganglah dalam suhu 325°C, selama kurang lebih 30menit saja.

Setelah dikeluarkan dari mesin oven, pindahkan telur di dalam air dingin untuk menghentikan proses memasak. Lalu nikmatilah telur rebus yang dimasak dengan oven.

Memanasi Spatula dengan Minyak

Tips memasak telur ala koki yang terakhir, yaitu panasi spatula terlebih dahulu dengan minyak untuk mempermudah membalik telur. Biasanya saat memasak telur, telur akan menempel di wajan atau spatula, sehingga susah untuk dibalik.

Jika menggunakan spatula besi jangan lupa untuk memanasi spatula dengan minyak terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan agar mempermudah dan bisa membalikkan telur serta mencegah telur lengket dengan wajan.

Nah, semoga bermanfaat.

;
Loading