Sukses

Lifestyle

9 Tips Memasak agar Daging Rendang Tidak Hancur Tapi Bumbunya Tetap Meresap

Fimela.com, Jakarta Makan daging rendang paling enak jika bumbunya meresap dan dagingnya empuk. Namun terkadang kita menemui daging rendang yang dimasak hingga dagingnya hancur. Memang enak jika daging bisa empuk tapi jika sampai hancur tentu sayang karena jadi tidak terasa 'daging'nya.

Agar rendang bumbunya meresap dan daging empuk tapi tidak sampai hancur, ini tips yang bisa dicoba.

1. Pilih bagian daging yang tepat

Pilih daging yang memang khusus untuk rendang seperti daging sapi atau kambing bagian paha karena teksturnya kuat namun tak mudah hancur.

2. Buang lemaknya

Jika tak bisa memilih daging, pastikan membuang lemak-lemak yang menempel di daging agar daging tidak keras saat dimasak dan tidak terlalu berlemak.

3. Potong mengikuti serat

Agar bumbu tetap bisa meresap ke dalam daging, potong-potong daging mengikuti seratnya. Memotong daging berlawanan serat memang akan membuat daging lebih empuk saat digigit tapi juga mudah hancur saat dimasak.

4. Potong dalam ukuran yang tidak terlalu tipis

Potong daging rendang dengan ketebalan yang tidak terlalu tebal tapi juga tidak terlalu tipis. Jika terlalu tipis akan rentan hancur. Potong pipih lebih baik daripada kotak-kotak agar bumbunya meresap.

5. Jangan direndam terlalu lama dengan nanas

Jika menggunakan nanas untuk mengempukkan daging sebelum dimasak, terutama daging kambing, jangan merendamnya terlalu lama karena akan menghancurkan serat dengan cepat dan saat dimasak akan menyusut dan daging hancur.

6. Goreng daging lebih dulu

Menggoreng daging lebih dulu sebelum dimasak dengan bumbu ternyata juga bisa menyelamatkan daging dari kehancuran. Setelah direbus, goreng daging yang sudah dipotong-potong untuk menguatkan serat luarnya.

7. Masak dulu bumbunya

Memasak bumbu yang belum matang bersama dagingnya memang membantu membuat daging empuk dan bumbu meresap karena harus dimasak dengan waktu lama tapi jika tak ingin daging hancur, lebih baik masak bumbunya hingga matang lebih dulu.

8. Masak dengan api kecil dalam waktu lama

Masak menggunakan api besar memang akan mudah membuat rendang matang, tapi membuat bumbu kurang meresap dan dagingnya cepat hancur. Jadi bersabarlah memasak dengan api kecil.

9. Jangan sering mengaduk

Sesekali diaduk itu perlu agar bumbu tidak gosong di dasar panci, tapi jangan terlalu sering mengaduk jika tak ingin daging hancur.

Itu dia sekian cara agar daging rendang yang dimasak tidak hancur tapi bumbunya tetap meresap. 

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading