Sukses

Lifestyle

Sukses Menjalankan Bisnis dengan Menggali Ilmu dari Ahlinya

Fimela.com, Jakarta Sebelum menjalankan bisnis tentunya kamu mencari banyak pengetahuan sebelumnya. Salah satu tempatnya adalah bertanya kepada ahlinya dan menjadikan mereka sebagai mentor. Mentor dapat membimbing kita menuju kesuksesan, dan memberi kita banyak keuntungan. Lalu bagaimana cara mendapatkannya?

Berikut tips mendapatkan mentor yang tepat untuk menjalankan bisnis kamu, yang dirangkum Fimela, Minggu (2/8/2020).

1. Jangan ragu mendekati calon mentor

Seorang mentor tidak harus selalu sosok yang lebih tua dari kita, atau seorang CEO terkenal yang sukses. Mentor sesungguhnya bisa juga kolega, teman, bos, atau anggota keluarga, yang sekiranya sesuai kebutuhan kita, kita tertarik untuk belajar lebih jauh padanya, dan kita percaya mereka bisa membantu mengembangkan bisnis kita.

Jangan ragu mendekati calon mentor untuk membuat hubungan mentor dan mentee lebih formal. Mungkin bisa mulai dari orang terdekat, seperti mantan bos. Apabila memiliki intensi sama, kita bisa tanyakan apakah mereka tertarik menjadi mentor. Jika bersedia, maku bangunlah hubungan yang baik dengan mentor.

Di masa media sosial semakin memudahkan komunikasi seperti saat ini, bahkan kita bisa bertemu dan menyapa calon mentor melalui pesan Instagram atau LinkedIn. Kamu bisa mengidentifikasi kebutuhan terlebih dulu, dan temukan mentor berbeda, sesuai area keahlian mereka dan sesuai kebutuhan bisnis kamu.

 

2. Sampaikan keinginan dan kebutuhan dengan jelas

Pastikan bahwa kita menyampaikan secara spesifik dan jelas tentang keterampilan atau bimbingan apa kita inginkan dan butuhkan. Kita juga bisa menyampaikan bagaimana pengaplikasiannya nanti dalam jadwal, misalnya, apakah sesi mentorship melalui panggilan telepon seminggu sekali, atau pertemuan sebulan sekali, atau lebih fleksibel.

Kamu bisa rutin berinteraksi dengan mentornya, sekitar seminggu atau 3 hari sekali untuk saling kontak melalui telepon. Mentor juga pihak yang berinvestasi di kesuksesan kita, maka kamu bisa meminta mentor bukan hanya menjadi sekadar mentor untuk berbagi saran, tapi juga sebagai investor.

 

3. Berikan nilai lebih kepada mentor

Relasi antara kita dan mentor bukanlah jalan satu arah. Untuk hubungan yang lebih menguntungkan dan sukses, kita sebagai mentee perlu juga memberi nilai lebih pada mentor. Sebab hubungan mentorsip yang baik adalah bekerja di kedua arah, di mana mentor kita dapat belajar juga tentang ide-ide baru, strategi, dan taktik dari kita, sama seperti kita belajar dari pengalaman dan kebijaksanaan mereka.

Selain saling belajar, kita juga bisa memberikan nilai lebih lainnya, misalnya kesempatan pada mentor kita untuk memperluas jejaring mereka juga melalui jejaring yang kita miliki, hingga kesempatan berbagi pada komunitas dan masyarakat.

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Pengorbanan Kakak untuk Membantu Keluarga Sungguh Luar Biasa
Artikel Selanjutnya
Dukung Kelestarian Biota Laut, Hero Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa