Sukses

Lifestyle

Apa Maksud Challenge Accepted di Instagram dengan Posting Foto Hitam-Putih?

Fimela.com, Jakarta Challenge Accepted menjadi tagar yang memiliki setidaknya sudah memiliki tiga juta postingan yang telah terakumulasi di media sosial Instagram. Sebenarnya apa maksud #ChallengeAccepeted yang meminta para perempuan untuk mem-posting foto hitam putih koleksi terbaik mereka?

Melansir dari thecut.com, tantangan yang juga menyematkan tagar #WomenSupportingWomen tersebut sudah dimulai sejak Senin (27/7). Dalam caption foto, biasanya mereka menambagkan kata-kata bijak sekaligus penyemangat pada para perempuan lainnya.

Seperti Reese Whiterspoon yang menuliskan rasa terima kasih untuk perempuan yang sudah mendukungnya tanpa batas dan berharap bisa terus menyinari satu sama lain. Atau Khloe Kardashian yang menulis "Mari kita sebarkan cinta dan ingat untuk sedikit lebih ramah satu sama lain."

Begitu juga Ivanka Trump yang menuliskan apresiasinya pada perempuan lain yang telah membesarkan dan mendukungnya hingga sekarang. Ivana yang mem-posting foto kehamilannya juga mengajak semua follower-nya untuk memimpin dengan cinta dalam menciptakan masa depan kehidupan.

Perwakilan dari Instagram juga ikut menjelaskan apa yang dimaksud dengan #ChallengeAccepeted. "Ini dimaksud untuk merayakan kekuatan, menyebarkan cinta, dan mengingatkan semua perempuan jika saling mendukung adalah segalanya."

Asal Mula dan Penyebarannya

Perwakilan Instagram juga mengatakan kepada New York Times jika postingan pertama untuk siklus tantangan tersebut muncul beberapa waktu lalu di halaman jurnalis Brasil Ana Paula Padrão.

Spekulasi lainnya adalah tantangan tersebut diilhami oleh pidato Alexandria Ocasio-Cortez dari Partai Republik di DPR untuk mengecam pelecehan yang dialami perempuan di Kongres dan seluruh negara. 

Ia pun berbicara lantang tentang tudingan kekasaran seksis yang dialaminya saat disebut "fu*king bit*h" oleh politisi pria dan menghasilkan lonjakan postingan media sosial tentang feminisme dan pemberdayaan perempuan.

Dan yang lainnya mengatakan jika postingan foto hitam-putih di media sosial dimulai dari para perempuan di Turki pekan lalu. Aksi tersebut merupakan protes sekaligus dukungan untuk kasus femisida dan kekerasan rumah tangga. 

Sekaligus menunjukkan rasa duka atas kematian Pinar Gültekin. Seorang mahasiswi yang dilaporkan dibutuh oleh mantan pacarnya.

 

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading