Sukses

Lifestyle

Jenis Senam Lantai yang Mudah Dilakukan di Rumah untuk Mengecilkan Perut

Fimela.com, Jakarta Senam lantai merupakan salah satu senam, yang gerakan senamnya dilakukan di atas lantai dan menggunakan matras. Senam lantai juga bisa disebut dengan senam bebas, karena senam ini dilakukan dengan bebas tanpa menggunakan alat.

Senam lantai selalu menggunakan matras, karena matras bisa membantu mengurangi risiko kecelakaan atau terpeleset, pada saat melakukan gerakan senam lantai. Sahabat Fimela bisa menggunakan matras yang tidak licin, atau yang biasanya digunakan untuk yoga.

Senam lantai banyak menggunakan otot tangan dan kaki, serta otot tubuh dan persedian. Sehingga saat melakukan senam lantai, usahakan dalam keadaan sehat dan dengan cara yang benar.

Senam lantai memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, seperti membantu tubuh agar lebih lentur, menjaga kekuatan tulang, mambantu menjaga daya tahan tubuh, dan bisa membantu mengecilkan perut yang buncit.

Berikut beberapa jenis senam lantai, yang mudah dilakukan di rumah untuk mengecilkan perut, dilansir dari berbagai sumber:

 

Senam Lantai Gaya Lilin

Jenis senam lantai yang pertama yaitu senam lantai dengan gaya lilin atau sikap lilin. Gerakan yang satu ini hampir menyerupai bentuk lilin. Karena kaki dinaikkan lurus ke atas, dan kepala berada di bawah.

Gerakan ini bertumpu pada punggung bagian atas, dan bertumpu pada siku serta tangan yang menahan pinggul, agar kaki tetap lurus ke atas. Gaya lilin yang satu ini, memiliki tujuan untuk membantu melatih ketenangan pikiran dan keseimbangan tubuh.

Cara melakukan sikap lilin sangatlah mudah. Sahabat Fimela bisa tidur terlentang, lalu rapatkan kedua kaki lurus ke depan. Taruh kedua tangan di samping kanan dan diri. Kemudian ambil pandangan lurus keatas, dan angkat kedua kaki lurus keatas secara pelan-pelan, dibantu dengan dorongan kedua tangan yang berada di pinggul. Pastikan kaki dan pinggul lurus ke atas. Setelah dirasa cukup, turunkan kaki pelan-pelan agar tidak cidera.

Senam Lantai Kayang

Jenis senam lantai yang kedua kayang. Gerakan kayang merupakan sebuah gerakan senam lantai, yang dilakukan dengan posisi kedua tangan dan kaki akan bertumpu pada matras dengan posisi terbalik, lalu angkat bagian panggul dan perut ke atas.

Gerakan senam lantai jenis kayang ini, bisa membuat tubuh tetap lentur, menjaga keseimbangan, membantu bahu tetap kuat, dan membantu mengecilkan perut yang buncit.

Gerakan kayang bisa dilakukan dari sikap berdiri tegak dan kaki sedikit terbuka. Kemudian taruh kedua tangan samping kaki, lalu ayukan tangan ke belakang, dengan posisi kepala menghadap keatas, dan badan dibawa ke arah belakang, dan pastikan tangan menyentuh matras.

Gerakan kayang juga bisa dilakukan dari sikap tidur, dengan cara mengambil posisi tidur terlentang. Lalu tekuk kedua lutut dan rapatkan kedua tumit pada pinggul. Kemudian tekuk kedua siku tangan dengan telapak tangan bertumpu pada matras. Angkatlah badanmu pelan-pelan, kemudian berikan dorongan dari kedua tangan dan kaki lurus, dan kepala masuk diantara kedua tangan.

Senam Lantai Gaya Headstand

Senam lantai yang bisa dilakukan di rumah yang selanjutnya, yaitu senam lantai dengan gerakan headstand. Walaupun gerakan ini sangat populer, tetapi gerakan yang satu ini memiliki kesulitan yang lumayan tinggi.

Headstand bisa dilakukan dengan berdiri tegak dan kedua kaki rapat. Kemudian ambil posisi kedua lengan lurus rapat di samping badan, dan pandangan ke depan. Lalu bungkukkan badan ke arah depan dan letakkan kedua telapak tangan serta dahi di matras, dengan membentuk segitiga sama sisi. Lalu angkat pinggul ke atas dengan posisi badan tegak lurus pada matras. Luruskan kaki ke atas dan jaga keseimbangan agar tidak cidera.

Senam Lantai Gerakan Handstand

Jenis senam lantai yang terakhir adalah handstand, yang bisa dilakukan di rumah untuk mengecilkan perut, dan gerakannya hampir sama dengan gerakan headstand

Handstand dilakukan dengan mengambil posisi berdiri tegak, dengan salah satu kaki berada di depan dan kedua tangan lurus di atas. Kemudian letakkan telapak tangan bertumpu di matras dan bungkukkan badan ke depan. Usahakan kedua tangan tetap lurus lalu ayunkan salah satu kaki ke belakang ke arah atas, diikuti kaki yang satunya dan rapatkan. Gerakan ini akan membentuk garis vertikal antara lengan, badan, dan kedua kaki lurus ke atas. Kemudian ayunkan kaki kanan dalam keadaan lurus ke atas, sehingga kaki kiri juga ikut terangkat ke atas, pertahankan sikap tersebut beberapa saat, jaga keseimbangan tubuh.

;
Loading