Sukses

Lifestyle

Fungsi Ginjal yang Penting untuk Tubuh dan Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Fimela.com, Jakarta Ginjal adalah organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Ginjal memiliki banyak fungsi yang berperan penting, dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan organ keseluruhan di dalam tubuh. Ginjal sangat penting untuk tubuh, sehingga harus dijaga dengan benar.

Menurut sebuah penelitian, banyak yang terserang penyakit ginjal, namun hanya 10% orang yang menyadari tentang penyakit tersebut. Sebenarnya ada banyak tanda yang muncul pada saat terkena penyakit ginjal.

Gejala yang dialami seseorang yang terkena penyakit ginjal adalah volume urine yang berkurang, urine berubah warna menjadi lebih keruh dan berdarah, terjadi pembengkakan pada tungkai, dan lain sebagainya.

Untuk itu artikel kali ini akan membahas tentang fungsi ginjal yang jarang diketahui, dan cara untuk menjaga kesehatan ginjal, dilansir dari berbagai sumber:

 

Memproduksi Sel Darah Merah

Fungsi pertama ginjal adalah membantu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Ginjal membantu mengatur produksi sel darah merah yang diproduksi oleh sumsum tulang. Ginjal membantu merangsang produksi sel darah merah, dengan membantu mengeluarkan hormon erythropoietin.

Sel darah merah sangat penting, karena sel darah merah membantu membawa oksigen ke paru-paru, untuk diedarkan ke seluruh tubuh hingga otak, dan membantu mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh untuk dikeluarkan dari paru-paru.

Memproduksi Vitamin D

Ginjal memiliki fungsi untuk membantu memproduksi vitamin D di dalam tubuh. Pada umumnya, seseorang bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, atau berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari.

Vitamin D yang masuk ke dalam tubuh, sebenarnya vitamin tersebut belum aktif dan belum bereaksi di dalam tubuh. Maka ginjal berfungsi untuk membantu mengubah vitamin D menjadi zat kalsitriol. Zat ini sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium untuk tulang, agar tulang tidak mudah keropos.

Vitamin D yang sudah aktif di dalam tubuh, juga bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, mengatur kadar insulin di dalam tubuh, menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah sakit kanker.

 

Menjaga Keseimbangan Cairan

Fungsi ginjal yang selanjutnya, yaitu membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Jika tubuh memiliki ginjal yang tidak berfungsi dengan baik, maka tubuh akan sering merasa dehidrasi dan kelelahan.

Tubuh yang mengalami kekerungan cairan atau kelebihan cairan, bisa membuat tubuh menjadi kekeringan, atau justru terjadi penumpukan racun di dalam tubuh, karena tidak terbuang dengan baik.

Sahabat Fimela bisa mengonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari, untuk membantu memberikan asupan cairan ke dalam tubuh, agar ginjal berfungsi dengan baik, dan membantu mendetoksifikasi racun.

Faktor Penyebab Sakit Ginjal

Sakit ginjal biasanya muncul tanpa disadari seseorang. Sebenarnya sakit ginjal bisa juga terjadi karena seseorang sudah mengalami suatu penyakit tertentu. Seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau memang sudah memiliki riwayat keturunan sakit ginjal.

Gejala yang sering terjadi pada seseorang yang terkena penyakit ginjal, akan mengalami gejala volume urine yang berkurang, urine berubah warna menjadi lebih keruh dan berdarah, terjadi pembengkakan pada tungkai, dan lain sebagainya.

 

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Agar terhindar dari penyakit ginjal, Sahabat Fimela harus selalu menjaga kesehatan ginjal, dengan menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Menjaga cairan pada tubuh tetap seimbang juga bisa membantu ginjal berfungsi dengan baik. Karena saat urin berubah menjadi keruh, itu tandanya ginjal sedang bermasalah dan tubuh mengalami dehidrasi.

Mengkonsumsi makanan sehat juga harus di lakukan, dengan mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang, seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Jangan terlalu banyak mengonsumsi lemak dan garam, karena bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dan menyebabkan gagal ginjal.

Lakukan olahraga setiap hari. Hal ini bisa membantu menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, melancarkan sistem kerja ginjal, dan membantu menjaga keseimbangan tubuh.

;
Loading