Sukses

Lifestyle

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Mengatasi Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Daun sirih sangat populer dan banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Daun sirih sering dijadikan tanaman hias yang sering ditanam di depan rumah. Tanaman yang berdaun lebar dan tumbuh menjulur ini, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun sirih memiliki kandungan vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin dan karoten. Kandungan ini dijadikan sumber kalsium, tanning, saponin, eugenol dan beragam jenis minyak esensial. Daun sirih memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi dan pendingin kulit. Daun sirih sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan organ tubuh, obat diabetes, asam urat dan membantu mengatasi masalah kulit.

Berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh, dan untuk membantu menyembuhkan asam urat, dilansir dari berbagai sumber:

Mengurangi Sakit Memar

Manfaat daun sirih yang pertama yaitu membantu menyembuhkan luka. Daun sirih dijadikan obat analgesik yang alami, dan sangat cepat mengatasi sakit memar.

Daun sirih yang ditumbuk dengan halus menjadi pasta, bisa dioleskan pada bagian tubuh yang sakit atau luka, setelah luka tersebut dibersihkan. Daun sirih ini juga bisa dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan ruam, luka dan memar.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun sirih yang selanjutnya, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, dan membantu mencegah penyakit sembelit. Dengan cara mengonsumsi air seduhan daun sirih di pagi hari.

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu menangkal radikal bebas didalam tubuh. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan kandungan PH normal dalam tubuh. Kandungan ini juga bisa membantu melindungi kerusakan sel tubuh, yang menghambat sistem kerja usus.

Rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih, bisa membantu meningkatan matebolisme tubuh, mencegah sembelit, dan membantu usus menyerap vitamin dan nutrisi penting dalam tubuh.

Obat Asam Urat

Daun sirih sangat efektif membantu meredakan sakit asam urat. Asam urat memiliki gejala nyeri pada sendi. Asam urat disebabkan karena adanya faktor genetik atau keturunan keluarga, terlalu banyak purin di tubuh, obesitas, hipertensi, penyakit jantung, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Sahabat Fimela bisa mengonsumsi rebusan daun sirih secara rutin. Dengan merebus 8 lembar daun sirih ditambah 500ml air. Agar daun sirih bekerja lebih efektif, minumlah air rebusan daun sirih sebanyak 3 kali dalam sehari.

 

Menyehatkan Mata

Daun sirih juga bisa membantu menyehatkan mata. Bagi orang yang suka begadang, biasanya akan memiliki kantong mata yang bengkak dan menggelap. Kalau sering naik motor, mata juga bisa terkena iritasi karena debu atau kotoran yang masuk ke mata.

Gunakan daun sirih untuk membantu menjaga kesehatan mata, dengan cara merebus 20 lembar daun sirih hijau dan merah, lalu gunakan air rebusan untuk membantu mengompres dan membersihkan mata. Sifat anti bakteri dan antiinflamasi dari daun sirih inilah yang membantu menyehatkan mata.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun sirih yang terakhir adalah bisa membantu mengatasi masalah kulit. Salah satunya membantu menyembuhkan jerawat. Karena daun sirih memiliki sifat antiseptik dan anti bakteri, yang sangat efektif membantu membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan jerawat.

Daun sirih yang sudah ditumbuk halus, bisa direbus dengan air hingga mendidih. Lalu menggunakan handuk untuk mengompres bagian yang berjerawat, baik di wajah, punggung atau area lain yang muncul jerawat.

;
Loading