Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Diketahui Perempuan Tentang Vulva pada Organ Intim

Fimela.com, Jakarta Sebagai perempuan kita memang sudah semenstinya mengenali bagian tubuh kita sendiri, termasuk bagian paling pribadi seperti Miss V. Seringkali orang malu membicarakan organ intim ini meski terhadap sesama perempuan, padahal tak masalah mengetahui tentang tubuh sendiri.

Contohnya saja, pasti tak banyak yang tahu tentang vulva pada vagina. Ini yang perlu diketahui tentang vulva pada vagina.

1. Vulva tidak sama dengan vagina

Vulva bukan vagina meski berada di dekat area intim tersebut. Vulva merupakan kulit yang berada di luar vagina, terletak di kanan dan kiri yang sering disebut dengan labia (majora dan minora).

2. Kulit vulva sangat sensitif

Karena menjadi kulit terluar bagian dari vagina, vulva juga sensitif terhadap sentuhan lembut. Teksturnya elastis dan membantu melindungi vagina dari kontak benda asing atau dari luar tubuh.

3. Vulva memiliki banyak bentuk, ukuran dan warna

Vulva setiap perempuan bisa berbeda-beda bentuk, ukuran dan warna. Ada yang lebar, kecil, tipis, tebal, berwana putih, kemerahan, kecokelatan hingga cokelat gelap. Tidak ada bentuk vulva yang pasti, yang buruk atau jelek.

4. Vulva bisa berubah setelah hamil dan melahirkan

Perempuan mungkin menyadari bagian vulva berubah ketika hamil dan setelah melahikan karena pengaruh hormon. Umumnya vulva menjadi lebih gelap dan lebih tebal atau lebar.

5. Vulva bisa jadi indikator kesehatan

Vulva bisa menunjukkan seberapa sehat organ intimmu, misalnya ada tidaknya penyakit kelamin menular seperti herpes, human papillomavirus (HPV) dan lain sebagainya karena vulva cenderung mengalami perubahan bentuk, tekstur atau timbul rasa gatal.

Itu dia sekian hal yang perlu diketahui terkait vulva pada Miss V. Jangan ragu mengenali bagian tubuh sendiri ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading