Sukses

Lifestyle

Mohammad Hatta: Pantang Menikah sebelum Indonesia Merdeka

Fimela.com, Jakarta Sejarah Kemerdekaan Indonesia tidak akan pernah bisa terpisah dari kisah kehidupan Mohammad Hatta, Wakil Presiden Indonesia pertama sekaligus salah satu Proklamator Indonesia. Kerap bersanding dengan Presiden RI pertama, Soekarno, pria yang akrab disapa Bung Hatta ini ternyata menyimpan cerita cinta yang mampu menghangatkan hati. 

Dilansir dari berbagai sumber, Bung Hatta dikenal sebagai pria yang begitu pendiam. Jika tidak berdiskusi mengenai kemerdekaan, Bung Hatta menghabiskan waktunya dengan membaca buku. Soal percintaan, sifatnya jauh berbeda dengan Bung Karno yang piawai berbicara. Bung Hatta justru dikenal sebagai pria cerdas yang pemalu. 

Baginya, soal Kemerdekaan Indonesia begitu penting, hingga dia berprinsip tidak akan menikah sebelum Indonesia merdeka. Dia bertekad untuk menjadi mahasiswa teladan di Belanda. Meski memiliki kharisma yang begitu kuat, Bung Hatta tetap teguh pada pendiriannya.

Prinsip hidupnya yang begitu kuat membuatnya terpaksa memendam cintanya kepada Anni, anak Teuku Nurdin, penerjemah pemerintah Nagroe Aceh Darussalam. Namun, Hatta muda dan Ani memutuskan untuk berpisah hingga Anni kemudian menikah dengan kwan dekat Soekarno, Abdul Rachim. 

Pertemuan dengan Rahmi

View this post on Instagram

Admin akan membagikan beberapa hal atau cerita menarik mengenai Bung Hatta di hari yang spesial ini. . Salah satunya adalah kisah cintanya bersama istrinya Rachmi. . Mohammad Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Indonesia pertama. Bapak Koperasi ini lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 dan meninggal dunia pada 14 Maret 1980 di Jakarta. Kiprahnya di bidang politik dimulai saat ia terpilih menjadi bendahara Jong Sumatranen Bond wilayah Padang tahun 1916. Sampai pada tahun 1921 Bung Hatta menetap di Rotterdam, Belanda dan bergabung dengan sebuah perkumpulan pelajar tanah air yang ada di Belanda, Indische Vereeniging yang kemudian menjadi organisasi pergerakan kemerdekaan dengan nama Perhimpunan Indonesia (PI). . Pada 18 November 1945, Bung Hatta menikahi seorang perempuan bernama Rachmi di sebuah villa di Megamendung, Bogor. Dari pernikahan tersebut pasangan ini dikaruniai tiga orang anak. . Sepanjang hidupnya, Bung Hatta memang hanya memiliki satu orang istri, Rachmi yang akrab disapa Yuke. Usia Hatta dan Yuke yang terpaut 24 tahun, tidak membuat hubungan keduanya kaku. Saat dinikahi Bung Hatta, Yuke baru berusia 19 tahun. . Nah, bagaimana sih kisah cinta Bung Hatta hingga bisa menikah dengan Rachmi. Kisahnya akan admin bagikan dipostingan selanjutnya ya! . . #sejarah #sejarahindonesia #videosejarah #video #menolaklupa #politik #proklamator #pahlawan #pilpres #pancasila #soekarno #sukarno #sukarnohatta #jokowi #ahok #prabowo #indonesia #indonesiaku #history #bunghatta #bungkarno #jakarta #bali #jokowidodo #surabaya #bandung #merdeka #soeharto #berita

A post shared by Dr.(H.C) Drs. H.Mohammad Hatta (@mohammadhatta_) on

Setelah Indonesia merdeka, Hatta ternyata belum juga menikah. Teman-temannya pun berusaha untuk menjodohkannya dengan seorang gadis asal Polandia yang terkenal sangat memesona. Namun, perjodohan tersebut gagal. Pertemuan keduanya diakhiri dengan makan malam dan obrolan yang begitu sopan. 

Hingga akhirnya usia Hatta sudah mencapai 40 tahun. Hatta yang masih lajang tentu membuat banyak orang khawatir, termasuk Bung Karno. Dia pun kemudian mengerahkan berbagai usaha untuk menjodohkan Hatta. Ternyata, saat itu Hatta diam-diam menaruh hati kepada seorang gadis bernama Rahmi Rachim. 

Hatta bertemu dengan Rahmi pertama kali di Institut Pasteur, Bandung. Saat itu, ia dan Bung Karno sedang mengadakan kunjungan. Meski hanya melihat Rahmi secara sekilas, Hatta ternyata sudah langsung tertarik dengan Rahmi. Bung Karno pun membantu Bung Hatta untuk melamar Rahmi yang usianya 24 tahun lebih muda dari Hatta. 

Alam Pikiran Yunani sebagai Mas Kawin

View this post on Instagram

Masih lanjutan dari postingan sebelumnya, mengenai kisah cinta Bung Hatta.Kira-kira ada yang sudah pada tahu tidak? Apa saja kisah cintanya? . Berikut, Admin rangkum dari berbagai sumber tentang kisah cinta Bung Hatta. inilah 5 Kisah Cinta Bung Hatta yang tak banyak diketahui! . 1. Berjanji Tak Menikah Sebelum Indonesia Merdeka. Suasana keprihatinan terhadap bangsa ini, membuat Hatta tak tega meninggalkan perjuangan sejenak pun hanya untuk menikah. Sehingga ia berjanji tidak akan menikah sebelum Indonesia. Dan sumpah itu akhirnya diwujudkan, yakni menikah setelah Indonesia merdeka dan dia menjadi Wakil Presiden. . 2. Bung Karno Melamar Yuke Untuk Bung Hatta. Rachmi, istri Bung Hatta dikenal dengan nama Yuke. Sukarno, yang waktu itu menjabat Presiden sekaligus teman Bung Hatta mendatangi rumah orangtua Yuke. Ditemani R. Soeharto, Bung Karno datang untuk melamar Yuke untuk Bung Hatta. Abdul Rachim, ayah dari Yuke pun menyetujui lamaran itu setelah berbicara langsung dengan Yuke. . 3. Usia mereka terpaut 24 Tahun. Bung Hatta menikah saat berusia 43 tahun pada 18 November 1945. Sementara Rachmi berusia 19 tahun. Sehingga usia mereka selisih 24 tahun. Namun demikian kisah cinta mereka tidak pernah menemui kendala hingga keduanya dipisahkan oleh maut. . 4. Mas Kawin Berupa Buku Berjudul "Alam Pikir Yunani". Pernikahan Bung Hatta dan Rachmi adalah pernikahan yang sangat sederhana. Keduanya hanya difoto saat berdiri berdua seusai akad nikah. Pada momen spesial itu, Hatta memberikan Rachmi mas kawin yang luar biasa, yaitu buku hasil karyanya sendiri. Buku tersebut berjudul Alam Pikiran Yunani. Buku tersebut ditulis dalam masa-masa terberat Hatta, dan Hatta ingin menghadiahkannya pada wanita yang kelak akan menjadi sahabat hidupnya hingga akhir hayatnya. . 5. Dijodohkan Dengan Perempuan Lain. Bung Hatta pernah dijodohkan dengan Nelly, putri dari Mak Eteb Ayub, pengusaha Minang yang sudah seperti ayah angkat bagi Hatta. Kedekatan Hatta dengan Mak Eteb Ayub memang istimewa. Ayub mendukung kehidupan Hatta saat bersekolah di Batavia hingga Rotterdam, Belanda. Namun perjodohan itu gagal karena Bung Hatta bersikukuh untuk tidak menikah sebelum Indonesia merdeka. . #sejarah

A post shared by Dr.(H.C) Drs. H.Mohammad Hatta (@mohammadhatta_) on

Kisah cinta Bung Hatta dengan Rahmi memang sudah banyak didengar masyarakat. Namun, tidak banyak yang tahu kalau Rahmi sebenarnya adalah anak dari Anni, mantan pertama Bung Hatta. 

Ketika menikah, Bung Hatta berusia 43 tahun, sementara Rahmi masih 19 tahun. Perbedaan usia yang cukup jauh ini sempat diragukan, namun, Bung Karno bukan saja seorang sahabat yang baik bagi Bung Hatta, tetapi juga makcomblang yang bisa diandalkan. Berkat Bung Karno meyakinkan keluarga Rahmi, Bung Hatta akhirnya menikah pada 18 November 1945. 

Hatta menyerahkan buku Alam Pikiran Yunani yang ia tulis selama masa pembuangan di Boven Digul sebagai mas kawin saat mempersunting Rahmi di sebuah villa di Megamendung, Bogor. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading