Sukses

Health

Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Pilek

Fimela.com, Jakarta Pilek dapat membuat seseorang menjadi susah bernafas dan bisa jadi gejala sinusitis. Sinusitis adalah sebuah peradangan yang terjadi pada dinding sinusitis. Sinusitis berada di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung dan belakang mata.

Sinusitis ini bisa berfungsi untuk menyaring bakteri, yang masuk melalui rongga hidung. Karena di dalam sinusitis terdapat lendir atau mukus. Sinusitis juga memiliki fungsi untuk mengontrol kelembapan udara, yang akan masuk ke dalam paru-paru.

Sebenarnya penyakit pilek akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Namun, pilek yang tak kunjung sembuh membutuhkan pengobatan dan perawatan yang lebih intensif, agar tidak menyebabkan sinusitis. Kenali gejala, penyebab dan cara mengatasi pilek berikut ini:

 

Cara Mengatasi Pilek Ringan

Pilek yang ringan biasanya disebabkan karena infeksi virus. Pilek juga bisa dijadikan sebagai gejala dari influenza. Pilek ringan ini akan sembuh dengan sendirinya, kurang lebih selama 7 hingga 10 hari.

Pilek ringan dapat disembuhkan dengan berisitirahat dengan penuh. Kemudian konsumsi minuman dan makanan yang hangat. Minumlah obat yang bisa membantu meredakan gejala flu.

Sedangkan pilek yang berat akan menyebabkan sinusitis. Sinusitis memiliki beberapa tipe, yaitu tipe sinusitis akut, yang terjadi selama 2 sampai 4 minggu. Lalu sinusitis subakut, yang terjadi selama 4 hingga 12 minggu. Ada juga sinusitis kronis yang terjadi selama lebih dari 12minggu, bahkan hingga bertahun-tahun. Dan ada sinusitis kambuhan, yang terjadi selama 3 kali atau lebih dalam sebulan.

Gejala dan Penyebab

Sinusitis disebabkan karena adanya infeksi kuman, atau karena ada kondisi medis tertentu, seperti polip di hidung dan rinitis alergi. Namun sinusitis bisa juga terjadi karena pola hidup yang kurang bersih, suka merokok, dan terlalu sering berenang. Sinusitis bisa terjadi jika seseorang mengidap pilek terlalu lama.

Gejala sinusitis yang terjadi pada anak-anak dan orang beda itu berbeda. Sinusitis yang terjadi pada anak-anak, akan memberikan gejala batuk, pilek atau hidung tersumbat, dan demam. Namun gejala sinusitis yang dialami orang dewasa biasanya terjadi pembengkakan di sekitar mata, nyeri di bagian wajah, pilek tak kunjung sembuh dan ingus berwarna kuning kehijauan.

 

Pencegahan Sinusitis

Sinusitis disebabkan karenanya infeksi peradangan pada saluran pernapasan. Sinusitis ini masih bisa diobati, dengan obat-obatan yang diberikan dokter. Kalau penyakit ini kambuh dan langsung dibawa ke dokter.

Namun dibeberapa kasus sinusitis yang kronis, ada cara untuk membantu menyembuhkan penyakit ini, dengan melakukan operasi sinus yang dilakukan dokter. Penyakit sinusitis ini bisa dicegah, agar tidak menyebabkan penyakit kronis. Sahabat Fimela cukup melakukan pola hidup yang sehat, berhenti merokok, rajin berolahraga, menggunakan masker dan menjauhi orang yang sakit flu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading