Sukses

Lifestyle

Memahami Makna, Fungsi, Manfaat dan Tujuan Apresiasi

Fimela.com, Jakarta Sering kali kita dihadapkan dengan beberapa ujian dan perjuangan. Seperti ujian sekolah, ujian skripsi, perjuangan membuat karya seni, perjuangan dalam naik pangkat, dan lain sebagainya.

Pada saat kita atau orang lain berhasil melalui ujian dan perjuangannya, kerap kali mendapatkan sebuah apresiasi dari orang lain. Apresiasi merupakan sebuah bentuk penghargaan, yang diberikan kepada seseorang setelah berhasil melakukan sesuatu. Apresiasi juga merupakan sebuah penghargaan dan penilaian, terhadap suatu karya seni dan karya sastra.

Kata apresiasi berasal dari bahasa latin, yaitu apreciatio yang artinya menghargai. Sedangkan secara terminologi, arti kata apreasiasi adalah proses penilaian atau penghargaan positif yang dilakukan oleh seseorang terhadap sesuatu.

Menurut S. E Effendi, apresiasi merupakan aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh, sehingga menumbuhkan sebuah pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan, yang baik terhadap karya sastra.

Yuk pahami lebih lanjut tentang makna, fungsi, manfaat dan tujuan apresiasi, dilansir dari berbagai sumber:

Fungsi Apresiasi

Dari pengertian yang sudah kita pahami, ternyata apresiasi memiliki banyak fungsi. Jika dilihat secara umum, fungsi apreasiasi adalah untuk memberikan penghargaan terhadap karya, atau usaha seseorang yang sudah berhasil.

Selain itu, apresiasi juga memiliki fungsi sebagai cara untuk memberikan penilaian, edukasi, empati, terhadap sebuah karya seni atau sastra. Apresiasi juga memiliki fungsi sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat, terhadap karya anak bangsa, dan bentuk kepedulian terhadap sesama.

Fungsi apresiasi yang lainnya adalah sebagai cara untuk meningkatkan, mengembangkan, dan memotivasi seseorang, untuk menguji kemampuan manusia dalam berbagai hal.

Manfaat Apresiasi

Dengan memberikan apresiasi, apresiasi memiliki banyak manfaat untuk orang lain. Manfaat apresiasi ini bisa memberikan dampak positiv, kepada seseorang yang sudah menyelesaikan hasil karyanya, dan yang sudah berjuang hingga garis akhir.

Apriasi memiliki manfaat untuk memahami karya seni dari berbagai sisi, meningkatkan rasa cinta dengan karya seni, meningkatkan rasa peduli kepada sesama manusia, merupakan sarana untuk melakukan edukasi, hiburan, empati dan lain-lain.

Manfaat memberikan apresiasi kepada orang lain, juga bisa membantu meningkatkan, mengembangkan, dan memberikan tingkat kepercayaan diri, untuk memotivasi orang lain, terhadap suatu karya seni, karya sastra, dan usaha orang lain, untuk menjadi lebih baik di masa mendatang.

Tujuan Apresiasi

Memberi apresiasi kepada orang lain juga memiliki tujuan. Tujuan umum dari apresiasi yaitu untuk mengedukasi orang lain, agar lebih memahami dan mengerti tentang alasan dari suatu karya diciptakan. Hal ini bisa membantu orang lain untuk menilai suatu karya, dan mengembangkan nilai keindahan dari karya tersebut.

Selain itu, apresiasi memiliki tujuan untuk mengevaluasi, meningkatkan, mengembangkan kemampuan, dan menyempurnakan karya orang lain.

Jenis Apresiasi

Apresiasi juga memiliki beberapa jenis, yang dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu apresiasi empati untuk menilai dan menghargai karya orang dengan karya indera, apresiasi estetis untuk menghargai dan menilai karya dengan pengamatan dan perasaan, dan apreasisi kritik dan saran untuk menghargai dan mengevaluasi karyanya agar lebih baik dan berkembang. 

;
Loading