Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Ambeien yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Ambeien merupakan salah satu penyakit pada sistem eksresi manusia. Sering dikatakan sebagai penyakit susah buang air besar. Sebenarnya ambeien adalah kondisi ketika pembuluh darah disekitar anus melebar karena mengalami peningkatan tekanan lokal pada pembuluh darah tersebut. Umumnya, pembengkakan pembuluh darah yang terkena wasir tersebut berada di dalam rektum atau anus (daerah sekitar atau dalam bokong).

Ambeien sendiri dianggap sebagai penyakit ringan dan bukan sesuatu yang kronis. Adapun beberapa gejala awal yang bisa dirasakan ketika seseorang mengalami ambeien yakni:

  • Pendarahan berwana merah terang setelah buang air besar.
  • Terdapat lendir setelah buang air besar.
  • Benjolan tergantung di luar anus.
  • Rasa nyeri, pembengkakan dan kemerahan di sekitar area anus.
  • Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.

Selain pembengkakan yang terjadi diluar anus, pembengkakan juga bisa terjadi dalam anus dan tidak terlihat. Hal tersebut disebut sebagai hemoroid internal. Sementara hemoroid eksternal adalah kondisi jika pembengkakan terjadi di luar anus, yaitu dekat lubang anus, dan terasa lebih nyeri.

Nah, kondisi-kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa hal dan pastinya kamu harus tahu informasinya agar terhindar dari ambeien. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab ambeien yang jarang diketahui, salah satunya kehamilan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengejan Terlalu Kuat Akibat Sembelit

Penyebab ambeien yang jarang diketahui pada urutan pertama ialah mengejan terlalu kuat akibat sembelit saat buang air besar. Ketika kamu berada pada kondisi sulit membuang air besar, pasti kamu akan mengejan untuk membantu mendorong feses keluar dari anus. Hal ini seringkali menyebabkan terjadinya ambeien.

Hal ini karena tekanan yang terlalu kuat saat mengejan lambat laun membuat pembuluh darah dalam rectum dan anus membengkak. Pembuluh darah anus terlepas dari otot dan ligamen yang normalnya bertugas untuk menjaganya. Maka dari itu, untuk mencegahnya kamu perlu asupan serat yang cukup agar terhindar dari sembelit yang bisa mengakibatkan ambeien.

Duduk Terlalu Lama

Berikutnya, penyebab ambeien yang jarang diketahui selainjutnya ialah karena posisi duduk yang terlalu lama. Mungkin kamu tidak menyadarinya padahal kebiasaan ini ternyata berpotensi menyebabkan ambeien. Dilansir dari Merdeka.com, menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk selama seharian bisa menimbulkan penumpukan darah di sekitar anus.

Biasakan untuk bergerak dan aktivitas ringan supaya otot bekerja seimbang. Darah yang menumpuk lama itu bisa memperbesar dinding pembuluh darah dan akhirnya membengkak, hingga berisiko ambeien.

Pengaruh Proses Kehamilan

Selanjutnya, penyebab ambeien lainnya yang juga jarang diketahui ialah pengaruh proses kehamilan. Siapa sangka ternyata proses kehamilan juga membuat risiko perempuan terkena ambeien menjadi lebih besar. Masih dilansir dari Merdeka.com, menyebutkan bahwa semakin tua usia kehamilan, rahim akan ikut membesar dan menekan panggul.

Tekanan rahim tersebut akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar dan vena cava inferior. Vena cava inferior merupakan pembuluh besar yang ada di sisi kanan tubuh, yang bertugas menerima darah mengalir dari bagian bawah tubuh. Peningkatan tekanan dan ukuran rahim dapat menghambat aliran darah kembali ke jantung, akhirnya pembuluh darah di bawah rahim dan anus membesar.

Tidak hanya pada saat proses kehamilan, proses persalinannya juga berpotensi menyebabkan ambeien. Hal ini karena adanya kontraksi selama proses persalinan yang bisa menyebabkan otot-otot di sekitar anus menegang. Akhirnya memicu munculnya ambeien atau wasir yang sebelumnya belum pernah dialami.

Terlalu Banyak Rebahan dan Kurang Beraktivitas

Keempat, penyebab ambeien yang juga jarang diketahui ialah akibat kebiasaan rebahan sehingga badan menjadi tidak aktif bergerak. Rebahan memang menyenangkan apalgi sambil bermain ponsel dan menonton film, tetapi efeknya cukup buruk untuk kesehatan karena menyebabkan ambeien.

Memelihara hobi rebahan skemanya sama dengan terlalu lama duduk yang juga bisa membuatmu terkena ambeien. Oleh karena itu, usahakan setiap hari kamu memiliki aktivitas ringan agar tubuhmu tetap bergerak aktif.

Sering Mengangkat Beban Berat

Terakhir, penyebab ambeien yang jarang diketahui ialah hobi atau sering mengangkat beban berat. Bagi perempuan, aktivitas yang memungkinkan perempuan mengangkat beban berat ialah workout atau berolahraga ditempat gym. Berlatih gym dengan angkat beban dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan ambeien.

Mengangkat benda berat secara berulang dapat menyebabkan ambeien. Ambeien disebabkan ketika pembuluh darah di dekat anus membengkak yang sering terjadi ketika mengejan dan memberikan tekanan berlebihan pada perut.

Mengejan dan menahan napas sambil mengangkat beban dapat menyebabkan pembuluh darah di dekat anus menjadi bengkak. Mendengus dan menahan napas saat mengangkat beban memaksa udara di paru-paru ke bawah, memberi tekanan pada organ-organ internal dan pembuluh darah di dubur.

;
Loading