Sukses

Lifestyle

Resep Opor Ayam Praktis dengan Bahan-bahan Sederhana

Fimela.com, Jakarta Makanan dengan bahan dasar ayam sudah menjadi sajian yang lumrah untuk masyarakat Indonesia. Salah satu olahan ayam yang menjadi populer di lidah masyarakat ialah opor. Bagi yang ingin mencobanya di rumah, Selerasa pun memberikan berbagai resep opor ayam praktis. Berikut resep opor ayam yang mudah untuk dibuat dengan bahan-bahan sederhana.

Bahan-bahan: 

1 ekor ayam

1/2 sdm air jeruk nipis

1 sdt garam

6 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam

2 batang serai

3 buah cabai merah besar

1/2 sdm gula pasir

1.500 ml santan

3 sdm minyak 

Bumbu yang Dihaluskan: 

12 siung bawang merah

6 butir kemiri goreng

5 buah cabai merah keriting

1/2 sendok makan ketumbar

5 buah cabai rawit merah

5 siung bawang putih

1/2 sendok teh jinten

3 cm jahe

Cara Menyiapkan Bahan

Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan ayam agar siap olah. Silakan potong-potong ayam yang sudah ada sesuai selera. Lalu anda bisa mencucinya hingga bersih di bawah air mengalir, lalu tiriskan.

Langkah selanjutnya, buang tulang daun jeruk dan cuci hingga bersih. Lalu ambil bagian putih serai dan memarkan. Buang biji cabai merah yang sudah disiapkan. Lalu anda bisa mengirisnya hingga halus. Setelah itu, silahkan haluskan bumbu-bumbu halus.

Cara Membuat

Silakan ambil ayam yang sudah dicuci dan tiriskan tadi. Kemudian anda bisa melumurinya dengan menggunakan air jeruk nipis beserta garam. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Cuci sampai bersih. Setelah itu, siapkan wajan, tambahkan minyak goreng untuk menumis dan tunggu beberapa saat hingga minyak goreng panas.

Kemudian tumis bumbu yang sudah anda haluskan tadi. Aduk-aduk hingga mengeluarkan aroma harum. Tambahkan bumbu-bumbu yang lainnya seperti cabai, serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk kembali hingga matang dan merata.

Selanjutnya, masukan ayam. Anda bisa menambahkan gula pasir dan garam. Aduk kembali sampai merata atau sampai semua bumbu tersebut larut. Silakan tuangkan santan yang sudah anda siapkan. Kemudian masak sambil diaduk-aduk hingga matang, dan opor ayam pun siap disajikan.

Opor ayam sendiri biasanya menjadi sajian utama saat perayaan hari besar keagamaan. Biasanya, hidangan bersantan itu disajikan dengan ketupat atau nasi hangat.

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading