Sukses

Lifestyle

Memahami Ilmu Komunikasi, Mulai dari Jenis Kemampuan yang Dipelajari Hingga Prospek Kerjanya

Fimela.com, Jakarta Ilmu Komunikasi adalah kajian ilmu yang luas dan banyak diminati orang, terutama untuk pilihan studi saat kuliah. Kelihatannya mudah namun dalam ilmu komunikasi tidak hanya membahas kemampuan untuk berbicara. Lebih dari itu, ilmu komunikasi juga mempelajari banyak hal secara spesifik karena biasanya dalam program studi Ilmu Komunikasi aka nada penjurusan lagi, misalnya public relation dan broadcasting atau penyiaran.

Prospek kerja dari lulusan Ilmu Komunikasi juga termasuk besar karena ada banyak jenis pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komunikasi secara efektif, misalnya marketing dan sales executive. Selain itu, lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa bekerja di ranah pemerintahan sebagai seseorang yang memiliki tanggungjawab untuk mengkomunikasikan kebijakan kepada masyarakat.

Tidak mengherankan jika jurusan Ilmu Komunikasi sangat diminati oleh banyak orang, apalagi jika memang sedari awal sudah memiliki bakat komunikasi dan percaya diri yang baik. Tentu saja hal tersebut akan sangat mendukung proses pembelajaran sekaligus pencapaian di masa depan.

Nah, untuk kamu yang mulai tertarik dan penasaran dengan Ilmu Komunikasi, ada baiknya kamu tahu lebih banyak mengenai hal apa saja yang ada didalamnya. Maka dari itu, Fimela.com kali ini akan mengulas Ilmu Komunikasi, mulai dari jenis kemampuan yang dipelajari hingga prospek kerjanya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Seputar Ilmu Komunikasi

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis kemampuan yang dipelajari hingga prospek kerjanya, kamu perlu tahu definisi yang lebih spesifik mengenai ilmu komunikasi. Komunikasi adalah suatu kajian ilmu yang sangat luas dan intens, pasalnya dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari komunikasi.

Namun, hal yang akan dipelajari dalam Ilmu Komunikasi akan jauh lebih kompleks, tidak hanya komunikasi standar yang digunakan untuk bersosialisasi. Secara garis besar nantinya kamu akan mempelajari komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi interpersonal (dengan orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, hingga komunikasi massa.

Ilmu Komunikasi ini adalah induk dari ilmu turunannya yang lain seperti Jurnalistik, Penyiaran, Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, Periklanan (Adveritising), Performing Arts Communication, dan lain-lain. Pada program studi Ilmu Komunikasi kita diajarkan tentang bagaimana proses penyampaian pesan agar menjadi efektif dantepat sasaran. Lulusan program studi Ilmu Komunikasi akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunkasi (S.I.Kom).

Jenis Kemampuan yang Dipelajari

Sebagai suatu kajian ilmu yang letaknya sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, lulusan Ilmu Komunikasi akan mendapat wawasan yang luas serta kemampuan yang mumpuni untuk mengembangkan bakat dan minat. Ada beragam jenis kemampuan yang akan kamu pelajari di Ilmu Komunikasi dan kemampuan tersebut juga nantinya akan sangat berpengaruh terhadap prospek kerja yang akan kamu pilih.

Untuk kamu yang sudah memutuskan memilih ilmu komunikasi sebagai jurusan kuliah, kamu termasuk orang yang beruntung. Hal ini karena lulusan dari Ilmu Komunikasi adalah lulusan yang paling banyak dibutuhkan selain ekonomi dan manajemen. Dalam sebuah perusahaan, bisnis, bahkan pemerintahan sekalipun pasti membutuhkan orang yang ahli dalam komunikasi untuk pemasaran dan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.

Berikut beberapa jenis kemampuan yang akan kamu pelajari dan dapatkan selama berkuliah mengambil jurusan Ilmu Komunikasi:

1. Public Speaking

Jenis kemampuan yang akan kamu pelajari pada urutan yang pertama yakni, public speaking. Sekilas nampaknya kelihatan mudah, padahal seni dalam berbicara itu ada kajian khususnya karena tidak hanya sekedar berbicara namun bagaimana pesan yang akan kita kemukakan saat berbicara itu mampu dimengerti dan memengaruhi orang lain. Untuk itu, kamu harus memahami kajian public speaking yang bisa kamu dapatkan dalam jurusan Ilmu Komunikasi.

2. Marketing

Jenis kemampuan kedua yang akan kamu pelajari dalam Ilmu Komunikasi adalah marketing atau pemasaran. Kemampuan marketing ini bisa dikatakan sebagai profesi yang tidak akan pernah mati dan pastinya membutuhkan kreativitas karena hal ini berkaitan dengan bagaimana kamu bisa memasarkan dan membuat branding dari suatu produk agar dikenal dan laku dipasaran.

3. Menulis Berita

Berikutnya, selain pandai dalam berbicara dan memasarkan produk, lulusan Ilmu Komunikasi juga terkenal dengan lulusannya yang piawai dalam menulis. Hal ini karena dalam jurusan Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari teknik-teknik dasar jurnalistik yang nantinya dapat mengasah kemampuan menulismu, misalnya kemampuan dalam menulis berita yang memiliki kaidah khusus.

4. Videografi dan Fotografi

Selanjutnya, kemampuan lain yang khas dan biasanya tidak dimiliki oleh jurusan lain ialah kemampuan videografi dan fotografi yang sangat erat kaitannya dengan kreativitas. Jurusan Ilmu Komunikasi memang terkenal sebagai jurusan yang sangat menyenangkan karena kamu akan belajar banyak mengenai videografi untuk membuat sebuah video iklan dan film pendek serta mengenal teknik fotografi untuk menghasilkan potret foto yang berkualitas.

5. Riset

Dalam Ilmu Komunikasi juga kamu akan belajar mengenai penelitian, biasanya kemampuan ini harus dimiliki oleh orang-orang yang prospek kerjanya ingin menjadi akademisi dalam bidang Ilmu Komunikasi. Sama seperti cabang ilmu yang lain, kemampuan riset artinya kemampuan dalam meneliti suatu isu dan masalah untuk menemukan kesenjangan atau gap lalu memecahkannya dalam bentuk solusi yang terstruktur juga terukur.

Sebenarnya masih ada banyak jenis kemampuan lain yang akan kamu dapatkan dalam Ilmu Komunikasi namun sebagian besar kemampuan tersebut adalah pengembangan dari 5 jenis kemampuan yang telah disebutkan tadi.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Tidak perlu risau dan khawatir ketika memikirkan prospek kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi karena hampir semua bentuk usaha pasti membutuhkan orang yang ahli dalam komunikasi. Ada banyak prospek kerja yang bisa kamu pilih dan pastinya profesi tersebut juga menjanjikan secara jenjang karir maupun penghasilan.

Jenis pekerjaan yang paling mainstream dan biasanya dipilih lulusan dari Ilmu Komunikasi adalah profesi yang berkaitan dengan media, contohnya sebagai reporter, jurnalis, dan news anchor, dan host atau master of ceremony. Selain itu dalam ranah bisnis, ada profesi business analyst, sales executice, marketing officer, dan masih banyak lagi.

Jika hal tersebut belum membuatmu tertarik, lulusan dari Ilmu Komunikasi juga dapat bekerja sebagai public relation dalam ranah pemerintahan maupun perhotelan. Bisa juga menjadi seorang event organizer karena profesi ini membutuhkan orang yang kreatif dan inovatif sesuai dengan karakter yang biasa dimiliki oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi.

Bisa dikatakan bahwa sebagai kajian ilmu yang universal, lulusan dari Ilmu Komunikasi bisa bekerja dari berbagai sektor karena kemampuan yang dimiliki selalu memiliki relevansi dengan banyak bidang. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengenai masa depan yang cerah jika memilih jurusan Ilmu Komunikasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Skincare yang Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya
7 Cara Membersihkan Perhiasan Emas dengan Bahan Rumahan