Sukses

Lifestyle

Berzodiak Gemini, Soekarno Merasa Mendapat Nasib Baik Namun Ternyata Tidak

Fimela.com, Jakarta Peran Soekarno memperjuangkan kemerdekaan RI memang tidak bisa diabaikan sebelah mata. Bapak proklamator sekaligus presiden pertama RI ini sejak lahir rupanya sudah mendapat nasib baik.

Lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901, Soekarno merasa bahwa angka kembar 6 yang menyertai pada tanggal dan bulan lahirnya membawa nasib baik. Dalam buku autobiografi berjudul "Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat". Soekarno merasa berbagai nasib baik akan menghampiri di sepanjang kehidupannya sebagai pemilik zodiak Gemini.

"Adalah menjadi nasibku yang paling baik untuk dilahirkan dengan bintang Gemini, lambang kekembaran. Dan memang itulah aku sesungguhnya. Dua sifat yang berlawanan," kata Soekarno.

Selain tanggal dan bulan kelahiran, nasib baik Soekarno ditandai dengan meletusnya Gunung Kelud ketika ia lahir. Menurut pemikiran orang di zaman dulu, hal ini dianggap sebagai penyambutan sosok bayi yang lain.

Sakit hingga dilanda kemiskinan

Meski demikian, masa kecil Soekarno tidak selalu menemui hal baik. Justru dirinya dipenuhi dengan kekurangan dan selalu sakit-sakitan.

Pada lima tahun kehidupannya, Soekarno secara beruntun mengalami sakit. Mulai dari tifus, disentri, hingga malaria. Nama Kusno yang awalnya disematkan padanya akhirnya diganti menjadi Karno.

Penggantian nama ini pun menimbulkan sebuah mitos baru dalam diri Soekarno. Dengan menyandang nama Soekarno, ia merasa sebagai calon pejuang dan pahlawan bangsanya. Nama Karno diambil dari tokoh pewayangan putra Kunti yang berpihak pada Kurawa untuk balas budi. Ia pun memiliki kewajiban membela negara yang menghidupinya.

Selain itu, kemiskinan menyelimuti masa kecil Soekarno. Ia kerap dipandang oleh anak-anak Belanda sebagai anak pribumi akibat kemiskinan yang ia rasakan bersama keluarga.

Cindy Adams yang menjadi penyusun buku autobiografi Soekarno menilai bahwa kegemarannya bersenang-senang ketika dewasa adalah kompensasi dari masa lalu yang ia lewati dengan kemiskinan.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading