Sukses

Lifestyle

Mengenal Pengertian dan Macam-Macam Teks Biografi

Fimela.com, Jakarta Teks biografi adalah tulisan yang dibuat untuk menceritakan kisah tentang seseorang, yang menceritakan tentang sejarah hidup seseorang, dan tentang pengalaman kehidupan seseorang. Seseorang yang ditulis di dalam teks biografi, merupakan tokoh penting dan terkenal di kalangan masyarakat.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, biografi merupakan teks tentang riwayat hidup seseorang. Sehingga bisa disimpulkan bahwa biografi adalah karya sastra berupa tulisan, yang isinya tentang cerita kisah nyata, yang menceritakan tentang kisah hidup seseorang.

Dalam menulis teks biografi, penulis harus menuliskan dengan melihat segala aspek, tidak memihak dan harus menulis segala sisi positif. Hal ini dilakukan agar pembaca teks biografi, tidak berasumsi negatif, dan bisa mengenal tokoh tersebut dengan baik. Berikut macam-macam teks biografi dan pengertiannya, dilansir dari berbagai sumber:

 

Teks Biografi Berdasarkan Isinya

Teks biografi yang pertama adalah teks yang dibedakan berdasarkan isinya, yaitu tentang teks biografi yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang tokoh. Dan yang kedua adalah teks biografi tentang perjalanan karier seseorang, dari zaman berjuang hingga sukses.

Teks Biografi Berdasarkan Sisi Penulis

Macam-macam teks biografi yang selanjutnya adalah teks biografi yang dibedakan berdasarkan sisi penulis. Teks ini dibedakan menjadi 2 macam yaitu teks autobiografi yang teksnya ditulis oleh tokohnya sendiri, untuk menceritakan kisah hidupnya sendiri. Sedangkan yang kedua adalah teks biografi yang ditulis oleh orang lain, dengan seijin tokoh yang ia tulis, atau tanpa seijin dari tokoh yang ia tulis, karena tokoh tersebut sudah meninggal.

Teks Biografi Berdasarkan Pembahasannya

Teks biografi juga dibedakan berdasarkan pembahasannya, yang terbagi menjadi tiga, yaitu biografi politik, intelektual biografi dan biografi jurnalistik. Biografi politik adalah teks yang membahas tentang penulisan tokoh menurut segi politik. Sebelum menulis tentang biografi politik, penulis harus melakukan riset, dan menurut kepentingan penulis.

Intelektual biografi merupakan sebuah teks, yang ditulis dengan membahas tentang segi tokoh politik juga, namun ditulis dengan bahasa baku dan intelektual. Sebenarnya intelektual biografi ini hampir mirip dengan biografi politik, yang harus melakukan riset terlebih dahulu, sebelum menulis teks biografi jenis ini.

Dan biografi jurnalistik adalah teks biografi yang membahas tentang tokoh penting, namun sebelum menulis kisahnya, penulis akan melakukan wawancara dengan tokoh terlebih dahulu, untuk mendapatkan cerita nyata dari tokoh tersebut.

Teks Biografi Berdasarkan Penerbitnya

Macam-macam teks biografi yang terakhir adalah teks biografi yang dibedakan berdasarkan penerbitnya. Teks biografi ini memiliki 2 macam, yaitu teks biografi yang diterbitkan melalui buku sendiri dan buku subsidi.

Teks biografi yang diterbitkan dengan buku sendiri, diterbitkan sendiri oleh penulisnya, dengan modal percetakan dan pemasaran, yang ditanggung oleh penulis tersebut. Tujuan penulis melakukan ini adalah untuk membuat pembacanya tertarik membeli buku biografi ini, dan modalnya akan kembali berkali-kali lipat kepada penulis.

Sedangkan buku subsidi adalah teks biografi yang diterbitkan dengan modal dari sponsor. Buku biografi yang bersubsidi ini, biasanya adalah buku yang jarang diminati oleh pembaca, dan jika buku ini laku untuk dijual, akan dijual dengan harga yang tinggi.

;
Loading