Sukses

Lifestyle

10 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Ditanam Secara Outdoor

Membingkai halaman rumah dengan tanaman hias adalah salah satu cara untuk membuat tampilan rumah menjadi semakin asri dan cantik. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa kamu pilih untuk ditata disekitar pekarangan hingga menjadi taman mini kecil di rumah yang menyejukkan.

Tanaman hias sendiri biasanya ditanam didalam pot, pot merupakan media tanam yang cocok untuk berkebun dengan ruang yang minim. Jenis tanaman hias bunga bisa menambah keindahan rumah dengan hadirnya warna dan aroma. Bunga-bunga ini bisa mencerahkan ruangan, teras dan kebun rumah.

Menanam tanaman hias dalam pot juga memberi kesan minimalis pada kebun atau ruangan. Jenis tanaman hias bunga yang ditanam dalam pot dapat dengan mudah dirawat. Ada banyak bunga hias yang dapat ditanam. Bibit dari jenis tanaman hias bunga ini juga dapat dengan mudah ditemukan di toko perlengkapan berkebun.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba mendekorasi rumah dengan sejumlah tanaman hias cantik dan menarik perlu tahu apa saja jenis-jenisnya. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 10 jenis tanaman hias yang bisa ditanam secara outdoor. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Peace Lily dan Anthrium

Jenis tanaman hias yang bisa ditanam secara outdoor pada urutan yang pertama ialah tanaman peace lily dan anthrium. Peace lily merupakan jenis tanaman hias yang memiliki bunga berwarna putih dan daun hijau gelap yang elegan. Jenis tanaman hias bunga ini adalah pilihan populer untuk dekorasi kantor dan rumah.

Mengembangkan peace lily didalam pot juga cukup mudah. Tanaman yang indah ini tidak hanya mencerahkan ruang tamu, tetapi juga sangat baik dalam membersihkan udara ruangan tempat mereka berada.

Selain peace lily, ada pula tanaman anthrium yang merupakan tanaman tropis dengan kelopak mengkilap dan mekar berbentuk hati. Tanaman anthrium memilki beberapa macam warna mulai dari merah, merah muda, hingga kuning. Bunga ini cocok ditanam dalam pot sebagai penghias rumah.

Jenis tanaman hias bunga ini dapat mentolerir semua tingkat cahaya tidak langsung, tetapi anthurium yang tumbuh dalam cahaya rendah akan memiliki bunga lebih sedikit dan akan tumbuh lebih lambat. Itulah alasan mengapa tanaman ini cocok untuk ditanam secara outdoor.

Begonia dan Petunia

Berikutnya, jenis tanaman hias kedua yang juga cocok untuk ditanam secara outdoor ialah begonia dan petunia. Tanaman begonia merupakan tanaman yang memiliki kebutuhan cahaya matahari yang tidak terlalu tinggi. Begonia juga cocok ditanam di pot gantung untuk mempercantik teras rumah. Menyirami tanaman ini penting dalam perawatan begonia. Tanah harus tetap lembab, tetapi tidak terlalu basah.

Selanjutnya ada tanaman petunia yang memberikan lansekap bunga-bunga yang penuh warna cerah. Tanaman ini cocok ditanam di pot gantung atau pot di atas meja atau teras depan. Ada ratusan jenis bibit petunia yang tersedia di toko kebun.

Bibit-bibit ini menawarkan pilihan bunga berbagai warna mulai dari bunga dengan warna solid dan multi-warna. Perawatan jenis tanaman hias bunga ini memerlukan penyiraman secara teratur dan sinar matahari yang cukup.

Anggrek dan Krisan

Selanjutnya, tanaman hias lain yang juga bisa ditanam secara outdoor ialah anggrek dan dan krisan. Bisa dikatakan bahwa anggrek merupakan tanaman hias yang paling populer dibanding dengan tanaman hias lainnya.

Untuk informasi, anggrek memiliki beragam macam jenis dengan berbagai warna dan ukuran. Tanaman Anggrek dapat ditanam dalam pot sebagai dekorasi dalam atau luar rumah. Anggrek memerlukan sedikit perawatan setelah semua kebutuhan dasarnya terpenuhi seperti cahaya, suhu, dan kelembaban. Tempatkan anggrek di jendela atau ruangan yang menghadap cahaya terang.

Selain anggrek, krisan juga tidak kalah populer, tanaman hias ini sangat cocok ditanam dalam pot untuk mempercantik pemandangan pekarangan. Perawatannya juga cukup praktis, yakni meliputi penyiraman, tanah dan drainase yang baik.

Tanaman krisan membutuhkan cahaya yang lebih rendah agar dapat mekar dengan indah. Menanam krisan dalam pot membutuhkan banyak sinar matahari. Letakkan krisan di tempat yang menerima sinar matahari paling sedikit 4 jam per hari.

Morning Glory dan Geranium

Keempat, jenis tanaman hias yang juga cocok ditanam secara outdoor ialah tanaman morning glory dan geranium. Tanaman morning glory dapat tumbuh dengan cepat dan cocok ditanam di pot gantung. Semua tanaman morning glory menghasilkan bunga berbentuk corong yang menarik dari berbagai warna seperti putih, merah, biru, ungu dan kuning dengan daun berbentuk hati.

Tanaman geranium juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk kamu yang ingin mendapatkan tanaman hias dengan corak yang cantik. Tidak hanya cantik, geranium juga mudah tumbuh, memiliki bunga cerah, dan aroma yang harum. Untuk pilihan warna, warna merah adalah yang paling populer. Ada juga geranium dengan warna putih, ungu, biru, serta multi-warna.

Mawar dan Lavender

Terakhir, jenis tanaman hias yang dapat ditaman secara outdoor ialah bunga mawar dan lavender. Bunga mawar adalah tanaman yang terkenal dengan warnanya yang beragam dan wanginya yang semerbak. Bunga mawar memang menjadi salah satu tanaman hias yang digemari oleh banyak orang. Warnanya yang cantik dan bentuknya yang indah membuat tanaman berduri ini menjadi salah satu primadona tanaman hias.

Sedangkan lavender adalah tanaman hias sekaligus tanaman herbal yang selalu menjadi favorit banyak orang. Warna dan keharumannya yang menenangkan dapat menyelimuti kebun dan rumah. Lavender dapat ditanam di pot mulai dari biji atau dari stek.

Perawatan lavender di dalam pot meliputi menjaga suhu yang tepat, paparan sinar matahari, dan ketinggian air. Tempatkan pot lavender di tempat mereka menerima sinar matahari penuh setidaknya 8 jam per hari. Sirami dengan cukup, biarkan tanah mengering di sela-sela penyiraman, tetapi jangan biarkan kering sampai tanaman layu.

;
Loading