Sukses

Lifestyle

Unsur yang Harus Ada di Website Beserta Jenis dan Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Website merupakan halaman yang terdapat di internet, yang dapat diakses dengan menggunakan browser. Website menuliskan URL atau link untuk membuka website tersebut. 

Pada awalnya situs web dibuat pertama kali oleh Berners-Lee, yang merupakan penemu World Wide Web atau yang disebut dengan WWW, pada tahun 1984. Kemudian website tersebut bisa diakses secara online pada tahun 1991.

Di zaman sekarang banyak sekali website yang bisa diakses secara gratis, dan bisa dimiliki secara gratis oleh individu, organisai, kelompok atau perusahaan. Bahkan banyak sekali yang menggunakan website, sebagai situs berdagang dan mencari uang secara online.

Website juga memiliki banyak fungsi lainnya, seperti untuk mengakses pendidikan, mencari berita terkini, hingga digunakan untuk tempat mencari pekerjaan. Berikut unsur yang harus ada di dalam website, dan beberapa jenis website serta manfaat menggunakan website, dilansir dari berbagai sumber:

 

 

Unsur - Unsur Website

Saat membuat website, ada tiga unsur wajib yang harus ada, agar website bisa diakses oleh pengguna internet, yaitu domain, hosting dan konten.

Unsur yang pertama yaitu domain. Domain merupakan sebuah nama dari website yang kamu buat. Domain sama halnya dengan merek seperti pada sebuah produk. Saat memberikan nama domain, sebaiknya menggunakan nama yang menarik dan mudah dibaca, agar orang mudah mengingat nama website tersebut.

Unsur yang kedua adalah hosting. Hosting sangat penting dalam pembuatan website, karena hosting memiliki fungsi sebagai penyimpan data internet di dalam sebuah website. Hosting bisa menyimpan berbagai file seperti gambar, video, lagu dan lain sebagainya, yang bisa diakses oleh pengguna internet yang mengunjungi website, dan pemilik website itu sendiri.

Unsur yang terakhir dan tak kalah penting yaitu konten. Konten merupakan unsur yang penting, karena konten merupakan isi dari website tersebut. Semakin bagus konten yang kamu tulis atau unggah di dalam website, maka akan semakin banyak pengunjung yang akan mengunjungi website mu.

Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Pada awalnya, website dibuat hanya untuk membuat tulisan yang berupa informasi atau berita saja. Tapi zaman sekarang website semakin berkembang pesat, dan memiliki beberapa jenis berdasarkan fungsinya.

Jika ingin membuat website, usahakan untuk menentukan tema dan tujuan pembuatan website, agar tidak salah dalam memilih jenis website.

Website Pribadi

Jenis website berdasarkan fungsinya yang pertama adalah website pribadi. Website pribadi atau yang biasa disebut dengan blog, biasanya digunakan untuk membuat tulisan-tulisan yang bersifat pribadi atau personal. Website pribadi dimiliki oleh seseorang yang biasanya disebut dengan blogger.

Website pribadi berisi tentang tulisan tentang pengalaman, tips dan trik, ulasan, buku harian, cerpen, hingga foto-foto yang diunggah oleh blogger dalam blog miliknya.

Website pribadi biasanya memiliki nama domain yang berkaitan dengan isi website tersebut, misalnya domain yang menggunakan tema makanan, berarti website tersebut berisikan tentang konten yang berupa makanan, berdasarkan ulasan, pengalaman, foto-foto atau resep makanan yang dibuat oleh pemilik blog.

Toko Online

Berdasarkan fungsinya, ada juga jenis website yang digunakan untuk toko online. Selain berjualan online dengan membuat akun di media sosial, juga bisa membuat website untuk berdagang.

Dengan adanya website, kamu bisa menjelaskan tentang produk jualanmu secara lengkap dan terperinci. Sehingga calon pembeli akan tertarik untuk membeli produkmu. Website online juga bisa membantu dalam hal mencatat dan mengevaluasi daganganmu, dengan adanya bantuan dari Google Analitik.

Website Perusahaan

Jenis yang berikutnya adalah website perusahaan. Website ini memiliki fungsi untuk menyebarkan informasi yang terkait dengan sebuah perusahaan atau instansi. Website perusahaan bisa membantu menambahkan kepercayaan kepada orang, yang akan mendaftar kerja ditempat perusahaanmu.

Website perusahaan juga memiliki fungsi untuk mempromosikan perusahaan, agar perusahaan tersebut lebih dikenal oleh masyarakat umum, baik tentang latar belakang perusahaan, visi dan misi perusahaan, serta alamat perusahaan. 

Website perusahaan ini, sama fungsinya dengan website yang dibuat untuk pemerintah dan organisasi. Namun biasanya website organisasi menggunakan domain org dan website pemerintah menggunakan domain .go.id.

Website Berita

Jenis website yang selanjutnya adalah website berita. Website berita ini memiliki isi tentang artikel berita. Website berita ini sering kali diakses oleh pengguna internet, karena berita merupakan sumber informasi terkini, baik berita yang sedang viral hingga berita atau artikel tips dan trik.

Website Streaming

Jenis website yang selanjutnya adalah website streaming. Website streaming ini juga sering diakses oleh pengunjung, karena website ini digunakan untuk streaming film, nonton konser, dan menonton acara live streaming yang hanya bisa di akses melalui website streaming.

 

 

 

 

Manfaat Website

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari website. Jika Sahabat Fimela memiliki website, maka website bisa membantumu untuk meningkatkan personal branding, agar lebih dikenal di masyarakat lewat tulisan, foto atau video yang diunggah di website.

Website juga bisa membantu mempermudah transaksi jual beli secara online, menambah wawasan, mempermudah mencari informasi, hingga membantu menambah relasi atau kenalan secara online.

Selain itu, dengan adanya website, kamu bisa mendapatkan tambahan uang dari website pribadi, menggugah video live streaming, dan uang yang didapatkan dari jualan online.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading