Sukses

Lifestyle

Cara Interaksi untuk Pasangan LDR agar Langgeng

Fimela.com, Jakarta Long distance relationship atau yang biasa disebut dengan LDR merupakan hubungan jarak jauh, yang dilakukan oleh dua individu atau lebih, yang harus dijaga hubungannya agar langgeng, salah satunya dengan melakukan komunikasi atau interaksi yang baik.

Adanya pandemi kali ini, sangat berdampak pada kesehatan, perekonomian, pendidikan hingga hubungan. Pandemi ini membuat kaum LDR menjadi semakin susah untuk bertemu.

Tentu saja hubungan yang terpisah dengan jarak ini sangat tidak mudah untuk dilakukan. Baik dilakukan oleh pasangan yang masih pacaran, pasangan suami istri, hubungan orang tua dan anak, hingga hubungan pertemanan. Kunci sukses hubungan LDR ini juga harus dilandasi dengan rasa kepercayaan, dan juga interaksi yang intim antara individu.

Interaksi merupakan sebuah hubungan langsung atau tidak langsung, yang dilakukan oleh dua individu atau lebih. Interaksi yang baik bisa membuatmu jauh dari pikiran negatif yang dilakukan oleh pasanganmu. Agar hubungan LDR lebih langgeng, berikut cara interaksi yang baik, untuk kamu yang sedang menjalani hubungan LDR dengan pasanganmu, dilansir dari berbagai sumber:

Interaksi yang Terbuka

Cara pertama dan paling penting bagi pasangan LDR, adalah membangun interaksi yang baik, saling jujur dan terbuka. Pasangan LDR harus sering berkomunikasi atau berinteraksi, dan sebisa mungkin jangan menghilang tanpa kabar. Karena menghilang tanpa kabar, bisa membuat salah satu pihak menjadi khawatir, dan bisa menyebabkan pertengkaran.

Zaman sekarang interaksi sangat mudah untuk dilakukan dengan media sosial, seperti menggunakan WhatsApp, Instagram, Line, Zoom dan aplikasi lainnya yang mendukung untuk video call, telpon, atau mengirim pesan.

Interaksi yang terbuka juga bisa dilakukan dengan saling mengirimkan foto atau video, yang berisikan tentang kegiatanmu sehari-hari, untuk membuat pasanganmu lebih percaya kepadamu.

Perhatian

Terkadang kesibukan setiap individu bisa menjadi salah satu kendala bagi pasangan yang menjalani LDR. Selain memberikan prioritas waktu untuk pasangan, ada banyak prioritas utama yang harus dilakukan seperti kuliah atau kerja. Maka dari itu memberikan perhatian pada pasangan, akan menjadikan hubunganmu lebih langgeng.

Saat ada waktu untuk berinteraksi dengan pasangan, komunikasikan tentang hubunganmu dan kesibukanmu. Jangan sampai prioritas utama seperti kuliah atau kerja, menjadi penyebab pertengkaran, sehingga hubunganmu menjadi berakhir.

Berikan pengertian untuk pasanganmu yang sedang kuliah atau bekerja. Berikan semangat untuknya, agar dia bisa menjalani aktivitasnya dengan semangat dan bahagia. Lakukan komunikasi secara rutin, dengan menyapanya atau dengan memberikan perhatian-perhatian kecil lewat chat dan telepon.

Tidak Mengungkit Masalah

Agar hubungan LDR tetap langgeng, usahakan untuk tidak mengungkit masalah terlalu lama, apalagi mengungkit masalah yang sudah pernah berlalu.

Tidak hanya pasangan yang menjalani hubungan LDR, tetapi setiap hubungan pasti memiliki masalah yang menyebabkan pertengkaran. Masalah dalam hubungan sebenarnya bisa membuat pasangan untuk lebih dewasa. Tergantung bagaimana pasangan tersebut menyikapi masalah tersebut.

Saat menjalani hubungan LDR, seringkali pertengkaran terjadi akibat rasa cemburu, akibat tidak adanya suatu kejujuran dalam hubungan tersebut. Maka sangat penting melakukan interaksi yang terbuka, agar tidak muncul rasa cemburu.

Ketika bertengkar dengan pasangan, usahakan menyelesaikan dengan perasaan tenang. Tarik napas terlebih dahulu, agar lebih tenang. Tidak perlu memperbesar masalah dengan kata-kata kasar, memaki, kata-kata yang menyinggung, atau mengungkit hal yang sudah berlalu. Apalagi sampai curhat di media sosial.

Curhat atau menyebarkan masalah ke media sosial, akan menimbulkan banyak pertanyaan. Karena media sosial  sangat cepat menyebar luas.

Beri Waktu untuk Me Time

Interaksi yang rutin adalah hal yang paling penting dalam menjalani hubungan LDR. Namun ada kalanya kamu memberikan waktu untuk pasanganmu dan dirimu sendiri, untuk melakukan suatu kegiatan sendiri, dan meninggalkan waktu untuk pacaran sebentar saja.

Perlu diingat, dalam satu hari ada waktu 24 jam. Tentu saja kamu tidak perlu menghubungi atau berinteraksi dengan pasanganmu, dalam waktu 24 jam penuh. Hal ini akan membaut pasangan menjadi bosan.

Me time atau menikmati waktu untuk diri sendiri, merupakan hal yang bisa membantu meningkatkan kualitas hubungan LDR, agar hubungan lebih langgeng. Saat menjalankan me time, kamu bisa menghabiskan waktumu untuk memanjakan dirimu dengan pergi ke salon, pergi berbelanja sendirian, atau pergi ke gym untuk berolah raga.

Hal ini juga penting untuk pasanganmu, agar ia menikmati waktunya sendiri, untuk melepaskan rasa penat setelah ia menjalankan aktivitas sehari-hari. Biarkan menikmati waktu untuk bermain game, atau pergi berolahraga seperti yang kamu lakukan. Asalkan memberikan kabar, pergi dengan siapa dan pergi kemana.

 

Menyempatkan Diri untuk Bertemu

Selain interaksi, cara yang bisa dilakukan untuk pasangan LDR tetap langgeng, yaitu menyempatkan waktu untuk bertemu pasangan. Karena ditengah kesibukan masing-masing, pasti ada waktu libur yang bisa digunakan untuk bertemu dengan pasangan.

Sahabat Fimela bisa merencanakan liburan bersama di tempat yang ingin dikunjungi dengan pasangan, atau sekedar menikmati wisata kuliner di kota tempat tinggal. Hal ini bisa membuat hubunganmu lebih langgeng. Saat bertemu dengan pasangan, kalian bisa menceritakan tentang kerjaan, pengalaman hidup selama LDR, menyelesaikan masalah hubungan kalian, hingga membahas masa depan hubungan kalian.

Beri waktu untuk bertemu diantara kesibukan masing-masing. Kalian bisa membuat jadwal bertemu atau liburan bersama dikota yang ingin dikunjungi. Membuat quaility time bersama pasanganmu bisa menjadi kunci kelanggengan dari hubungan kalian. Usahakan saat bertemu dengan pasangan, lakukan hal-hal yang positif, untuk meningkatkan kualitas hubungan kalian.

;
Loading