Sukses

Lifestyle

Kenapa Puting Payudara Bisa Mengeras? Penyebabnya Lebih dari yang Kita Duga

Fimela.com, Jakarta Pernah bertanya-tanya kenapa pada kondisi tertentu, puting payudara bisa mengeras? Sama seperti tak ada perempuan yang punya bentuk payudara sama persis, respons puting seseorang bisa tak sama persis. Tapi secara anatomi, ada alasan umum kenapa puting payudara bisa mengeras.

Seorang dokter bedah plastik memberikan penjelasannya. Melansir laman health.com, Michelle Lee, M.D., dokter bedah plastik yang tinggal di Beverly Hills, CA mengungkapkan bahwa secara anatomi, area di bawah puting payudara dan areola, ada otot-otot kecil yang berkontraksi dan menarik kulit dan mendorong puting keluar. Saat terkena stimulasi atau rangsangan, sistem saraf simpatetik mengirim sinyal-sinyal ke saraf-saraf yang ada di otot-otot kecil tersebut, sehingga puting akan berkontraksi.

 

 

Bisa Dipengaruhi oleh Rangsangan Seksual dan Hal Lain

Mungkin kita menduga bahwa penyebab puting mengeras adalah karena rangsangan seksual. Hal itu memang benar. Ada penelitian yang menemukan bahwa rangsangan puting pada perempuan mengaktifkan korteks sensoris genital, area pada otak yang juga aktif terhadap rangsangan klitoris, vagina, dan serviks. Tapi ternyata penyebab puting mengeras tidak hanya karena rangsangan seksual semata.

"Saat suhu turun, otot-otot kecil di bawah kulit puting berkontraksi untuk menahan udara hangat di dekat kulit dan melepaskan sedikit panas dari radiasi yang keluar dari kulit," jelas Dr. Lee. Suhu dingin juga bisa menyebabkan puting mengeras. Tak heran ketika saat mandi dan terkena air dingin atau ketika cuaca dingin, puting akan mengeras karena kulit yang terkontraksi mendorong puting keluar.

Hormon juga bisa jadi salah satu penyebab puting mengeras. "Saat sedang menstruasi atau sedang ovulasi, perubahan dalam hormon-hormon kita, khususnya estrogen dapat membuat puting lebih sensitif atau bahkan lebih mudah mengeras," jelas Heather Irobunda, M.D., seorang dokter kandungan yang tinggal di Queens, NY. Kehamilan dan menyusui juga bisa menyebabkan puting mengeras. Dan hal tersebut terbilang normal.

Tak perlu khawatir berlebihan saat mendapati puting payudara mengeras. Namun, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan. Dr. Lee mengatakan bila puting tiba-tiba tertarik ke dalam atau ada cairan, benjolan, cekungan, atau rasa sakit, maka penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati Saat Memilih Produk Perawatan Payudara, Perhatikan 5 Hal Ini