Sukses

Lifestyle

Gairah Seksual Menurun Saat Menyusui? Ternyata Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan banyak perempuan mengaku tidak ingin bercinta dengan suaminya karena merasa tak punya gairah untuk hal itu. Benarkah masa menyusui berpengaruh pada gairah seksual perempuan? Sebuah penelitian membuktikan itu benar adanya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan NCBI Canadian Family Physician menemukan bahwa menyusui memang bisa menurunkan gairah seksual perempuan. Ibu menyusui kemungkinan besar akan mengalami penurunan gairah seksual dengan suaminya karena kekahiran anak mereka.

Setelah melahirkan, kadar estrogen perempuan yang menjadi pemicu gairah seksual akan menurun, sedangkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin akan meningkat. Kedua hormon ini memiliki dampak yang sangat hebat pada tubuh, yaitu mengurangi gairah seks.

Menyusui membuat ibu tak ingin bercinta

Peningkatan hormon prolaktin dan oksitosin dapat membuat ibu merasa sangat senang saat menyusui. Dan kesenangan ini mampu mengurangi kebutuhan keintiman fisik dengan pasangan. Ibu lebih ingin menjalin kedekatan emosional dan fisik dengan anaknya.

Dengan kata lain sebenarnya secara alami tubuh perempuan memberi peringatan untuk tidak hamil lagi karena ada bayi yang masih perlu disusui dan diasuh hingga jangka waktu tertentu, sehingga tubuh siap kembali untuk hamil. Perlahan tubuh akan dengan sendirinya mendapatkan kembali gairah seksual normal seperti sebelum melahirkan.

Meski demikian, kondisi ini juga bisa menjadi pemicu gairah seksual karena saat menyusui payudara perempuan menjadi lebih sensitif saat disentuh. Sentuhan sensual tetap membuka kemungkinan untuk meningkatkan rangsangan dan gairah seksual.

Nah, sekarang tahu alasan mengapa gairah seksual jadi turun saat menyusui bukan?

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading