Sukses

Lifestyle

Manfaat Minum Air Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Kayu bajakah adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kayu bajakah ini tumbuh di hutan yang berada di Kalimantan. Kayu bajakah diambil dari akar tanaman bajakah tampala, atau yang memiliki nama lain spatholobus littoralis hask.

Tanaman bajakah ini merupakan jenis tanaman rambat, yang memiliki kayu yang bisa dijadikan obat herbal, dan sudah dipercaya sejak dahulu kala oleh masyarakat di Kalimantan. Selain dipercaya sebagai tanaman herbal, tanaman herbal juga dianggap sebagai tanaman yang mistis.

Kayu bajakah ini memiliki kandungan tannin, fitonutrien, saponin, terpenoid dan flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian, meminum air kayu bajakah sangat bagus untuk kesehatan. Berikut manfaat meminum air kayu bajakah untuk kesehatan, dilansir dari berbagai sumber:

Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat pertama minum air dari kayu bajakah, yaitu bisa membantu menjaga sistem imun tubuh, agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Minum air dari kayu bajakah ini bisa membantu menyerang virus dan bakteri penyebab sakit.

Karena kayu bajakah memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi, yang bisa menjaga sistem imun tetap kuat. Kayu bajakah ini terkenal dengan kandungan saponin, yang fungsinya untuk membuat sistem kekebalan tubuh manusia menjadi lebih kuat, dan juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kayu bajakah juga membantu mencegah penyakit autoimun, yang merupakan penyakit berbahaya bagi manusia. Karena penyakit ini bisa melumpuhkan sistem kerja organ di dalam tubuh.

Melawan Kanker

Setelah adanya penelitian dari kayu bajakah ini, maka Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan, kalau kayu bajakah ini memiliki banyak sekali kandungan zat, yang bisa membantu mencegah penyakit kanker.

Kayu bajakah ini sangat kaya akan antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas, yang bisa merusak sel di dalam tubuh manusia, dan bisa menyebabkan penyakit kanker.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kayu bajakah ini adalah fenolik, tanin, steroid, alkaloid saponin, terpenoid dan alkaloid. Kandungan inilah yang dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit kanker.

Menyembuhkan Luka

Kayu bajakah merupakan obat herbal, yang dipercaya bisa membantu mempercepat menyembuhkan luka. Hal ini sudah dipercaya dari dulu di Kalimantan, khususnya suku Dayak.

Selain membantu menyembuhkan luka, kayu bajakah ini bisa membantu menghentikan pendarahan yang terjadi di tubuh. Karena kayu bajakan memiliki kandungan yang membantu membentuk dan meregenerasi pembuluh darah, yang mengalami pendarahan dan terluka.

Kandungan senyawa flavonoid, fenolik dan tanin ini yang bisa membantu menyembuhkan luka, karena memiliki sifat angiogenesis.

Mencegah Penuaan Dini

Kayu bajakah juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Minum air kayu bajakah, bisa membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit, seperti kerutan, munculnya noda hitam di kulit, kantong mata yang menggelap dan juga kulit wajah yang mengendur.

Kayu bajakah memiliki kandungan senyawa antioksidan dan fitokimia, yang bisa membantu memproduksi kolagen di dalam kulit, mencegah radikal bebas, dan membantu menjaga kulit tetap awet muda.

Cara Mengonsumsi Kayu Bajakah

Cara mengonsumsi kayu bajakah sangatlah mudah. Sebelum membuat minuman kayu bajakah, Sahabat fimela bisa menyiapkan beberapa kayu bajakah, lalu menjemur kayu bajakah sampai kayu tersebut kering.

Setelah itu, kayu bajakah bisa diiris menjadi lebih kecil, kemudian tumbuk kayu bajakah sampai menjadi halus. Kemudian ambil kurang lebih 1 gram kayu bajakah yang sudah menjadi bubuk, dan campurkan dengan 500ml air.

Kayu bajakah yang sudah disebuh memiliki warna cokelat, dan hampir merupai seduhan teh. Minuman ini bisa dinikmati setiap hari, untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, dan menghindari penyakit kanker.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading