Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatur Uang Jika Menikah dengan Suami Pelit

Fimela.com, Jakarta Seorang perempuan perlu menikah dengan pria yang tahu bagaimana cara berhemat. Bersikap hemat tentu menyenangkan tapi bagaimana jika terlalu hemat hingga pelit? Jika menikah dengan pria yang pelit, ini yang bisa kamu lakukan ladies.

1. Berhemat

Ini adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Uang belanja yang ia berikan mungkin tidak banyak, jadi putar otak bagaimana caranya agar uang belanja itu cukup. Sebisa mungkin pangkas hal-hal yang tak perlu seperti beli makan setiap hari di luar atau menaruh cucian kotor di jasa laundry. Belanja ketika ada diskon dan sisihkan uang belanja jika ada sisa.

2. Terbuka dengan penghasilan dan pengeluaran

Sebelum menikah sebaiknya hal ini sudah dilakukan agar tidak ada masalah keuangan ketika kalian menikah. Diskusikan masalah keuangan dan sepakati bersama berapa anggaran yang perlu dikeluarkan untuk kebutuhan sehari-hari setiap bulannya. Jika ia tipe yang sangat hemat, hitung rincian pengeluaran agar jelas.

3. Membicarakannya

Tanyakan mengapa ia harus bersikap sangat hemat? Apakah ada tujuan di balik sikap hemat tersebut? Jika itu bisa ditoleransi, maka ubah gaya hidup agar sesuai dengan uang belanja yang ia berikan. Ketika dibicarakan berdua secara terbuka kalian akan menemukan solusinya.

4. Bekerja

Jika kamu sudah menjadi perempuan yang bekerja, tentu bisa sedikit menutup kekurangan. Namun pastikan itu tak mengganggu keuangan pribadimu seutuhnya. Jika kamu ibu rumah tangga, berusahalah mencari uang tambahan untuk menutupi kekurangan, bisa dengan jualan, kerja freelance dan lain sebagainya.

5. Tunjukkan bahwa itu kurang

Jika ia tipe keras kepala yang yakin bahwa uang belanja yang ia berikan sudah cukup, tunjukkan mengapa itu tak cukup. Entah itu dengan memasak makanan seadanya, menuntutnya itu cuci baju di rumah dan lain sebagainya. Ketika ia merasa direpotkan, kemungkinan ia akan sadar ada yang salah dengan caranya berhemat.

Itu dia sekian cara yang bisa dilakukan jika Sahabat Fimela menikahi pria yang pelit. Semoga bermanfaat ya.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading