Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Tidak Disadari

Fimela.com, Jakarta Sulit buang air kecil pasti bukan keadaan yang baik namun terlalu sering buang air kecil juga rasanya akan mengganggu. Oleh karena itu, kamu harus tahu penyebab mengapa kamu mudah dan sering buang air kecil. Memang bukan gejala penyakit, hanya saja jika tidak ditindaklanjuti maka akan mengganggu.

Selain karena terlalu banyak mengonsumsi air putih, kebiasaan sering buang air kecil juga ternyata bisa disebabkan oleh faktor lain. Sayangnya, beberapa faktor tersebut kadang tidak kamu sadari. Ada beberapa kebiasaan maupun kondisi yang bisa memancing kamu ingin buang air kecil dalam waktu yang berdekatan.

Selain masalah terlalu sering buang air kecil, hal lain yang perlu kamu perhatikan juga adalah warna dari air seni yang kamu keluarkan. Jika warnanya terlalu kuning hingga coklat maka kamu kekurangan cairan tubuh. Namun, jika warnanya putih bening maka kebutuhan cairan tubuhmu sudah baik dan terpenuhi.

Nah, buat kamu yang penasaran mengapa begitu mudah buang air kecil berkali-kali dalam waktu yang berdekatan, bisa melihat ulasannya berikut ini. Dilansir dari Liputan6.com, inilah 5 penyebab sering buang air kecil yang tidak disadari. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Masalah Pada Kandung Kemih

Penyebab sering buang air kecil yang pertama ialah karena adanya masalah pada kandung kemih. Biasanya rasa ingin selalu buang air kecil yang tidak dapat ditahan, disertai demam, dan rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut bagian bawah, dapat menjadi pertanda infeksi saluran kemih.

Selain itu, kandung kemih terlalu aktif juga merupakan salah satu penyebab sering kencing pada wanita. Otot kandung kemih berkontraksi secara berlebihan, sehingga menyebabkan keinginan untuk buang air kencing walaupun kandung kemih belum penuh urin.

Terdapat Gangguan Pada Ginjal

Penyebab sering buang air kecil yang kedua ialah karena adanya gangguan dan masalah pada ginjal. Sering buang air kecil, sakit punggung, sakit pada pangkal paha, mual, muntah, demam, serta menggigil merupakan beberapa gejala infeksi ginjal.

Mengalami batu ginjal juga bisa menjadi salah satu penyebab sering kencing pada perempuan. Biasanya batu ginjal ini menimbulkan gejala-gejala seperti kencing yang keluar sedikit-sedikit disertai rasa nyeri, sakit pada perut bagian bawah, terdapat darah pada urine atau warna urine berubah menjadi gelap atau keruh.

Faktor Psikologis

Berikutnya, penyebab sering buang air kecil yang ketiga ialah karena faktor psikologis. Contoh dari faktor psikologis ini maksudnya ketika kamu sedang mengalami kecemasan berlebihan dalam waktu yang lama. Misalnya kekhawatiran tentang keuangan, pekerjaan, sekolah, atau keluarga. Tapi faktor ini tidak dapat menjelaskan penyebabnya secara spesifik.

Kondisi cemas, gelisah, dan takut tersebut akhirnya mendorong kamu untuk buang air kecil secara lebih sering. Buang air kecil juga bisa dikatakan sebagai wujud dari kepanikan yang tengah kamu rasakan.

Gejala Diabetes dan Efek Konsumsi Obat-Obatan Diuretik

Penyebab sering buang air kecil yang keempat ialah karena gejala diabetes dan efek dari mengonsumsi obat-obatan diuretik. Perlu kamu tahu bahwa sering buang air kecil dengan jumlah urin yang banyak merupakan gejala diabetes. Hal ini disebabkan karena tubuh berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melalui urin.

Begitu juga dengan obat diuretik yang merupakan obat untuk tekanan darah tinggi atau penimbunan cairan di ginjal. Obat diuretik akan membuang cairan berlebih di dalam tubuh, mengakibatkan keinginan buang air kecil secara terus menerus.

Terlalu Banyak Minum

Terakhir, penyebab sering buang air kecil ialah karena kamu terlalu banyak mengonsumsi air atau terlalu banyak minum. Bagi yang memang sering minum, maka tidak masalah ketika sering pula buang air kecil. Hal ini ditambah ketika cuaca panas, sehingga tubuh harus selalu terhidrasi dan minum banyak. Hal ini tentunya akan bagus bagi kesehatan.

Namun, jika jarang minum namun sering buang air kecil, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading