Sukses

Lifestyle

Facebook Shops, Solusi UKM Lebarkan Pasar di Tengah Pandemi Corona

Fimela.com, Jakarta Selama masa pandemi yang telah berlangsung selama 6 bulan, proses transformasi digital menjadi lebih cepat. Hal ternyata juga dirasakan para UKM. Melihat hal ini, Facebook terdorong untuk membuat berbagai produk dan fitur baru untuk mendukung UKM agar bisa terus berkembang di tengah proses transformasi digital yang begitu pesat ini. 

Salah satunya, Facebook Shops, sebuah produk lintas platform dimana kamu sebagai pelaku UKM dapat mendirikan toko online secara kreatif dan dapat diakses konsumen baik di aplikasi Facebook atau juga di Instagram. 

Menurut Pieter Lydian, Country Director Facebook Indonesia, menulis produk ini terinspirasi dari komunitas Facebook dan Instagram yang terhubung erat dengan aktivitas jual-beli dan mereka ingin aktivitas ini terus digerakkan oleh interaksi yang terjadi di atas platform. 

“Komunitas yang berada di atas Facebook dan Instagram terhubung sangat erat dengan aktivitas jual-beli dan mereka ingin aktivitas ini terus digerakkan oleh interaksi yang terjadi di atas platform. Kami terinspirasi dengan hal tersebut sehingga kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dari interaksi yang telah berjalan serta terus memberdayakan UKM untuk berkembang dan bertumbuh diplatform dengan berinvestasi dalam fitur dan produk di seluruh aplikasi kami yang dapat membuat pengalaman jual beli menjadi lebih bermakna dan lintas platform menjadi lebih mudah,” ujar Pieter. 

Facebook Shops sendiri merupakan fitur yang dapat memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis untuk memasarkan katalog produk mereka di Facebook dan Instagram secara bersamaan. Melalui Facebook Shops, konsumen dapat melihat seluruh produk yang ditampilkan pemilik bisnis dan menandai gambar dari produk yang disukai. Konsumen juga dapat menghubungi pemilik bisnis tersebut melalui Direct Message, WhatsApp atau Messenger untuk bertanya dan mendapatkan informasi produk.

Strategi Bisnis di Tengah Pandemi

Transformasi digital telah dilakukan oleh beberapa pelaku usaha. Kini, mulai banyak pengusaha yang mulai berfokus pada aplikasi Facebook dan Instagram. Seperti Mukena Tazbiya yang sudah mengalihkan bisnisnya ke online. Menurutnya, hal ini merupakan strategi bisnis yang pas di tengah pandemi Corona. 

Dengan menggunakan Facebook dan Instagram, mereka bukan hanya meraup keuntungan bisnis serta memperluas pasar yang diraih. Penjualan secara online juga membantu mereka untuk mendapatkan data-data konsumen, mulai dari rentang usia, domisili, dan produk apa saja yang dibeli. 

“Penjualan melalui toko memang menurun, tetapi penjualan secara online tetap ramai. Saat ini,sekitar 70% penjualan produk Mukena Tazbiya dijual secara online. Kami memanfaatkan penjualan diFacebook dan Instagram karena saat ini para konsumen memang berada di online dan kami harushadir di mana konsumen itu berada,” ujar Ferdi Ali Warga, CEO Tazbiya.

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading