Sukses

Lifestyle

6 Manfaat Memasak Selama Pandemi dengan Menu Siap Hidang dari Aplikasi Online

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi aktivitas jajan makanan secara online cenderung meningkat. Namun sensasi makan makanan yang dipesan secara online hanya akan terlewat begitu saja. Untuk menambah pengalaman yang praktis dan tetap bermakna, kamu bisa memasak sendiri di rumah.

Dengan menyiapkan atau memasak makanan sendiri di rumah akan memberikan dampak yang jauh lebih positif pada kesehatan mental selama masa pandemi. Terutama meningkatkan kualitas hubungan bagi keluarga di rumah.

GoFood kini memiliki kategori Siap Masak yang bisa dipilih langsung dari ribuan restoran ternama. Sehingga ketika makanan yang kamu pesan tiba di rumah, kamu memiliki aktivitas yang menyenangkan dengan menyiapkan, memanaskan, atau memasak makanan tersebut.

Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi yang merupakan psikolog dan akademisi dari Universitas Indonesia menilai bahwa aktivitas yang menyenangkan seperti memasak atau menyiapkan makanan sendiri di rumah bisa mengurangi tingkat kecemasan dan stres selama masa pandemi.

 

Manfaat memasak di rumah

Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa memasak memiliki berbagai macam manfaat. Termasuk menyelesaikan masalah kekhawatiran akan higienitas. Ini bisa menjadi kebiasaan baru bagi kamu yang masih enggan untuk makan di luar rumah.

Selain itu, berikut beberapa manfaat yang akan kamu rasakan dengan memasak di rumah.

1. Memberikan kepuasan sendiri

Makanan Siap Masak menjadi solusi praktis bagi kamu yang belum bisa memasak namun ingin mulai mencoba memasak. Dengan demikian, kamu bisa menambah satu keahlian baru untuk mengasah pikiran dan perasaan. Ketika makanan sudah jadi akan timbul rasa kepuasan karena bisa menghasilkan makanan yang lezat di rumah.

2. Cara terapi

Memasak dapat memberikan kenyamanan dan menambah eksistensi diri. Jika seseorang bisa menikmati kegiatan memasak, daya tahan tubuh akan meningkat karena adanya hormon yang membuat kita tidak dalam situasi yang tegang.

3. Menjadi lebih kreatif

Penelitian pada 2016 menunjukkan bahwa memasak dapat meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan. Studi ini mengikuti gerakan dan bahasa tubuh 658 orang selama dua minggu ketika memasak. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang melakukan hal-hal kecil, bermakna, dan menyenangkan seperti memanggang membuat mereka merasa lebih bahagia.

 

4. Menghemat biaya

Sudah pasti ketika memasak di rumah akan menghemat biaya. Ketika kamu memilih untuk memasak di rumah, kamu akan terhindar dari dampak buruk kondisi finansial yang buruk. Memasak tidak hanya membuat seseorang jadi bisa berhemat dan menabung melainkan menjadi kesempatan untuk menikmati makanan bersama.

5. Meningkatkan kualitas hubungan di rumah

Melakukan aktivitas di rumah selama pandemi ternyata menimbulkan lebih banyak konflik. Namun jika memasak bersama akan melibatkan lebih banyak anggota keluarga. Terlebih dengan kehadiran menu Siap Masak memudahkan berbagai kalangan untuk bisa berkreasi.

6. Mengurangi kecemasan akan higienitas

Di masa pandemi, higienitas menjadi hal terpenting. Sehingga masih memilih untuk masak di dapur sendiri untuk mengontrol kebersihannya. Di menu Siap Makan dari GoFood, aspek higienitas diterapkan tidak hanya pada makanan yang dihantarkan, melainkan juga karyawan restoran dan pengemudi yang mengantarkannya ke rumah.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading