Sukses

Lifestyle

Mandiri Secara Finansial Tak Membuat Semua Perempuan Makin Egois, kok!

Fimela.com, Jakarta Menjadi perempuan bekerja atau yang memutuskan untuk berkarier memang akan dihadapkan pada berbagai tantangan tersendiri. Mungkin ada yang menganggap ego perempuan jadi makin tinggi karena punya penghasilan sendiri. Terlepas dari semua kesulitan dan tantangan yang harus ditaklukkan, bisa mandiri secara finansial bisa membuat kita mendapat banyak keuntungan tersendiri.

Alasan seorang perempuan untuk tetap bekerja dan mandiri secara finansial bisa berbeda satu sama lain. Selain itu, ada sejumlah kelebihan yang bisa didapat seorang perempuan saat bisa punya penghasilan sendiri.

Ada Kepuasan Batin saat Bisa Memiliki Penghasilan Sendiri

Sebagian besar dari kita masih merasa seorang perempuan yang bekerja akan kesulitan menjaga dan mengatur kesesimbangan antara pekerjaan dan keluarga. Namun, ternyata ada beberapa studi dan penelitian yang membuktikan bahwa perempuan yang bekerja dan ibu yang bekerja lebih sedikit stres dan gelisah daripada perempuan yang tidak bekerja. Melansir laman content.wisestep.com, kesehatan mental perempuan yang di rumah saja akan meningkat secara signfikan saat mereka mulai bekerja di luar rumah. Menurut sebuah penelitian psikologi, perempuan yang tetap lanjut bekerja setelah menjadi ibu tidak menunjukkan gejala stres dan mereka bisa menjadi pekerja yang baik.

Bekerja dan memiliki penghasilan sendiri memang bisa memberi kepuasan batin tersendiri. Tanpa menghakimi atau menyudutkan pilihan setiap perempuan, bagi perempuan yang kini sedang bekerja dan memilih untuk mandiri secara finansial, tetap semangat ya. Memang pasti ada saja yang mungkin meragukan atau malah menyalahkan kita yang memilih untuk memiliki penghasilan sendiri. Bila bekerja bisa memberi kepuasan batin dan kenyamanan, maka tak ada salahnya untuk tetap berjuang pada pilihan hidup kita ini.

Mandiri Secara Finansial Menambah Ketenangan Menjalani Hidup

Mengutip laman thebalance.com, kemandirian finansial adlaah faktpr paling penting yang mengontrol kualitas kehidupan seorang perempuan. Mandiri secara finansial menjadi sebuah aspek yang memberi kita kebebasan tersendiri untuk memiliki hidup yang lebih berkualitas. Saat kita stabil secara finansial, kita bisa mengatur keuangan dan pengeluaran kita sendiri. Tak harus selalu bergantung pada orang lain atau pasangan untuk memenuhi kebutuhan hidup memberi ketenangan sendiri.

Menghasilkan yang sendiri menghadirkan pencapaian sendiri dan identitas diri. Kita bisa lebih nyaman dalam menjalani hidup. Tidak lagi terlalu berlebihan mencemaskan masalah-masalah terkait keuangan. Lebih mandiri dalam mengatur keuangan bisa meningkatkan kenyamanan hidup.

Memiliki Lebih Banyak Peluang Membantu Orang-Orang Tersayang Kita

Setidaknya dengan punya uang hasil keringat sendiri, kita bisa lebih mudah menggunakannya sesuai keinginan bila ada yang membutuhkan bantuan kita. Seperti membantu meringankan beban finansial orangtua atau kerabat yang sedang kesusahan. Atau saat sudah menikah, ketika tiba-tiba suami di-PHK, kita masih bisa bantu meringankan masalah yang ada dengan bantuan finansial dari kita. Bekerja bisa membuat kita memiliki lebih banyak peluang untuk membantu orang-orang terdekat kita.

Bagi yang saat ini sudah berjuang atau sedang baru memulai untuk mandiri secara finansial, tetap semangat ya. Tantangan dan kesulitan memang akan selalu kita hadapi. Terlepas dari itu, selama kita yakin pilihan hidup kita adalah yang terbaik maka kita bisa mengharapkan hadirnya hal-hal yang lebih baik lagi untuk diri kita sendiri maupun orang-orang yang kita cintai dalam hidup.

#ChangeMaker

;
Loading