Sukses

Lifestyle

Makanan yang Bisa Menyembuhkan Darah Rendah

Fimela.com, Jakarta Hipotensi atau yang sering disebut dengan darah rendah, merupakan sebuah kondisi saat tekanan darah di dalam tubuh, berada di bawah tekanan darah normal. Tekanan darah yang normal berkisar pada 90/60mmHg dan 120/80 mmHg.

Tekanan darah yang rendah ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Namun kondisi ini bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih lemas, pusing, mual, konsentrasi berkurang dan bisa membuat orang pingsan.

Kondisi ini bisa saja disebabkan karena sedang hamil, mengalami pendarahan, sedang datang bulan, dehidrasi, hormon tidak seimbang dan masih banyak banyak lagi penyebabnya.

Agar tekanan darah normal, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu mengobati tekanan darah rendah, dilansir dari merdeka.com:

Sayuran Hijau

Makanan pertama yang bisa mengobati darah rendah adalah sayuran hijau. Sayuran hijau memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Sayuran hijau juga memiliki kandungan yang kaya akan serat, vitamin C dan mineral. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sayuran hijau, bisa membantu mengontrol tekanan darah yang ada di dalam tubuh.

Oat

Oat atau gandum merupakan makanan yang baik dikonsumsi, untuk membantu mengobati tekanan darah yang rendah. Oat memiliki kandungan karbohidrat kompleks, dan juga memiliki kandungan yang kaya akan serat.

Mangonsumsi oat pada saat sarapan sebagai pengganti nasi, bisa membantu menambah energi pada tubuh untuk beraktivitas seharian, agar tubuh tidak mudah pusing dan lemas. Kandungan serat yang ada di dalam oat, juga berfungsi untuk membuat perut kenyang lebih lama.

Kacang-Kacangan

Makanan yang bisa membantu mengobati darah rendah yang berikutnya adalah kacang-kacangan. Makanan yang satu ini bisa dijadikan camilan setiap hari, karena kacang memiliki nutrisi yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah.

Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin B6, vitamin E, magnesium, asam folat, asam pantotenat, thiamine, fosfor, kalium, seng, besi, tembaga, mangan dan selenium, yang baik untuk jantung dan mencegah tekanan darah rendah.

Telur

Orang yang memiliki tekanan darah rendah, bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B12. Sehingga makanan yang baik untuk mengobati darah rendah adalah telur. Karena telur memiliki kandungan yang kaya akan vitamin B12.

Telur juga merupakan sumber protein. Protein memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan produksi sel imun di dalam tubuh. Sel imun yang kuat, bisa membantu mencegah penyakit yang akan menyerang tubuh.

 

Minyak Zaitun

Makanan yang bisa membantu mengobati darah rendah yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E, zat besi dan tembaga. Kandungan ini yang bisa membantu mengontrol tekanan darah di dalam rubuh.

Minyak zaitun bisa digunakan untuk menggoreng makanan, atau sebagai saus yang dituangkan untuk menghias salad. Minyak zaitun memiliki rasa yang sedikit asin, sehingga bisa membantu meningkatkan tekanan darah.

 

Kafein

Walaupun kafein tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, namun kafein bisa membantu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh sementara. Kafein seperti kopi dan teh, bisa menambahkan energi sementara pada tubuh.

Kafein yang terkandung di dalam teh, memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mengontrol tekanan darah. Sehingga teh boleh dikonsumsi pada pagi hari, untuk orang yang memiliki fluktuasi tekanan darah secara teratur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading