Sukses

Lifestyle

5 Makanan Penurun Berat Badan yang Aman untuk Dikonsumsi

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang sedang melaksanakan program diet untuk menurunkan berat badan pastinya perlu tahu makanan apa saja yang sekiranya dapat ikut membantu melangsingkan tubuh. Tidak perlu khawatir akan menjalani program diet yang menyiksa karena ada beberapa makanan yang ternyata dapat menurunkan berat badan.

Kamu mungkin akan berpikir untuk mulai belajar mengonsumsi makanan hambar demi menghindari gula dan garam yang dianggap dapat menaikkan berat badan. Akan tetapi sebenarnya masih ada beberapa pilihan lain yang bisa kamu coba, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang kandungannya justru tidak membuat gemuk.

Tentunya makanan-makanan tersebut adalah makanan sehat yang kaya serat dan rendah kalori sehingga aman dikonsumsi. Lagipula, mengonsumsi makanan sehat kini bukan lagi sebuah pilihan karena asupan yang masuk ke dalam tubuh nantinya juga akan memengaruhi kesehatan sehingga makanan sehat kini adalah sebuah kebutuhan bahkan keharusan.

Nah, kamu pasti sudah mulai penasaran ingin mengetahui makanan apa saja yang dapat menurukan berat badan. Dilansir dari Liputan6.com, kali ini Fimela.com akan membagikan informasi 5 makanan penurun berat badan yang aman untuk dikonsumsi. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Buah Alpukat

Makanan penurun berat badan yang pertama ialah buah alpukat. Buah alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, serat makanan, kalium dan fitokimia. Orang yang rutin mengonsumsi alpukat cenderung memiliki body mass index (BMI) lebih rendah, berat badan dan lingkar pinggang dibandingkan orang yang melewatkannya. Hal ini sesuai dengan  penelitian di Nutrition Journal.

Selain itu, alpukat memiliki kalori lebih tinggi daripada buah-buahan dan sayuran lainnya, lemak dan serat kombo yang memuaskan dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Tambahkan alpukat pada salad atau sandwich untuk flavour sebagai variasi menu jika kamu bosan mengonsumsinya secara langsung.

Telur

Makanan penurun berat badan yang kedua adalah telur. Perlu kamu tahu bahwa telur mengandung protein berkualitas tinggi, lemak, dan nutrisi penting, seperti vitamin D dan kolin. Telur adalah protein dan menjadi pembangkit tenaga untuk menurunkan berat badan.

Tentunya menyantap sarapan berprotein tinggi akan mendorong penurunan berat badan karena protein meningkatkan rasa kenyang sembari mengatur hormon rasa lapar dan nafsu makan. Itulah alasannya mengapa kamu menjadi tidak mudah lapar sampai menjelang waktu makan siang tiba.

Sebuah studi pun menemukan fakta bahwa makan telur untuk sarapan membuat orang merasa lebih puas daripada mereka yang memiliki bagel, yang membantu mereka makan lebih sedikit sepanjang hari.

Yogurt

Makanan penurun berat badan yang ketiga ialah yogurt. Yogurt memiliki tekstur yang lembut dan padat sehingga dapat mengenyangkan. Kandungan protein pada yogurt juga termasuk tinggi. Selain protein, ada juga kandungan probiotik yang baik untuk kesehatan usus dan dapat membantu upaya penurunan berat badan.

Kamu harus tahu bahwa kesehatan usus dapat memengaruhi berat badan dan makan lebih banyak serat dan probiotik membantu menjaga bakteri usus bahagia yang baik untuk metabolisme. Namun, usahakan kamu mengonsumsi yogurt dengan rasa plain agar tidak ada tambahan gula didalamnya. Untuk mempermanis rasa, kamu bisa mencampurkan buah-buahan segar sehingga rasa manisnya lebih alami.

Kacang-Kacangan

Keempat, makanan penurun berat badan yang aman untuk dikonsumsi ialah kacang-kacangan. Menariknya, semua kacang ternyata tinggi serat, sehingga aman dikonsumsi saat kamu sedang diet. Alasannya simple saja karena kacang-kacangan membantu membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga mengendalikan rasa lapar.

Mengonsumsi kacang-kacangan juga sering dihubungkan dengan berbagai manfaat kesehatan lainnya, termasuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Daging Ikan Salmon

Terakhir, makanan penurun berat badan yang kelima kali ini ialah daging salmon. Untuk kamu para pecinta daging, tidak pelru menyiksa diri dengan menahan untuk mengonsumsinya karena daging ikan salmon ternyata aman untuk mendukung dietmu. Perlu kamu tahu bahwa ikan salmon adalah sumber kaya protein berkualitas tinggi dan menyediakan banyak lemak "baik", asam lemak omega-3.

Menurut sebuah studi di Appetite, diet yang kaya akan asam lemak omega-3 membantu orang merasa lebih puas ketika mereka memperhatikan kalori mereka. Tentunya mengonsumsi salmon bisa menjadi cara yang lezat dan serbaguna untuk mendapatkan dua porsi ikan sehat jantung yang direkomendasikan.

;
Loading