Sukses

Lifestyle

Manfaat Ketumbar untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Ketumbar adalah bahan rempah-rempah, yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Ketumbar memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan.

Ketumbar atau yang memiliki nama lain peterseli China ini, ternyata juga sangat populer di negara Eropa Selatan dan Asia Barat. Ketumbar juga digunakan sebagai ramuan obat herbal, yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Menurut Anju Sood, yang merupakan ahli gizi di Bangalore, kalau biji ketumbar merupakan afrodisiak alami, memiliki kandungan yang kaya akan serat, mengandung magnesium dan zat besi yang baik. Ketumbar juga memiliki kandungan protein dan karbohidrat, yang bermanfaat untuk tubuh dan kecantikan. Berikut beberapa manfaat ketumbar yang baik untuk kecantikan, dilansir dari Dream.co.id:

 

Mengatasi Jerawat

Manfaat ketumbar untuk kecantikan kulit yang pertama, yaitu bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Kandungan yang terdapat di dalam ketumbar, memiliki sifat antibakteri dan anti jamur yang ampus mengatasi bakteri dan jamur jerawat.

Untuk membantu mengatasi jerawat, siapkan 1 sendok teh ketumbar dan juga air perasan jeruk nipis atau lemon. Lalu campur kedua bahan dan oleskan pada area jerawat. Setelah itu diamkan selama satu jam, dan bilas sampai wajah bersih.

Mengontrol Minyak

Manfaat ketumbar yang selanjutnya bisa membantu mengontrol minyak berlebih. Minyak di wajah juga bisa menyebabkan kulit menjadi berjerawat, berkomedo dan nampak lebih kusam. Karena minyak yang berlebih bisa menyumbat pori-pori wajah.

Ketumbar bisa dihaluskan dengan dicampur susu, dan di aduk hingga berbentuk pasta, lalu diaplikasikan pada wajah yang sudah bersih, diamkan selama 15 menit dan biarkan mengering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih.

 

Mencegah Penuaan Dini

Ketumbar memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan bisa membantu menjaga sel kulit dari radikal bebas, yang sering kali membuat kulit lebih kering, keriput, kulit kendur dan nampak garis-garis halus.

Ketumbar juga memiliki kandungan vitamin C, yang bisa membantu mempercepat produksi kolagen, untuk membuat kulit lebih cerah, mengencangkan kulit dan mengurangi penuaan dini.

Untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, ketumbar bisa dijadikan masker wajah, dengan cara menghaluskan ketumbar dan dicampur dengan lidah buaya. Lalu diamkan masker selama 15 menit, dan bilas hingga bersih.

Melembapkan Bibir

Selain membantu merawat kulit wajah, ketumbar juga bisa bermanfaat untuk membantu menjaga kelembapan bibir. Sering kali kita menggunakan lipstik yang mengandung bahan kimia. Kandungan yang terdapat di dalam lipstik, bisa membuat bibir menjadi lebih kering, dan warna bibir berubah menjadi lebih gelap.

Sahabat Fimela bisa membuat jus ketumbar yang dicampur dengan jus lemon, lalu mengoleskan jus tersebut di bibir setiap malam hari, dan lakukan rutin selama seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mencegah Alergi

Manfaat ketumbar yang terakhir untuk kecantikan, yaitu bisa membantu menjaga dan mencegah alergi kulit. Dari dulu ketumbar terkenal sebagai tanaman herbal, yang bisa mengobati segala macam alergi termasuk alergi pada kulit.

Karena ketumbar memiliki senyawa yang bersifat anti bakteri, yang sering disebut dengan dodecenal. Senyawa ini bisa membunuh bakteri salmonella yang menyebabkan alergi kulit, dan juga bisa membantu meredakan infeksi dan peradangan akibat jamur yang tumbuh di kulit.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading