Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengonsumsi Mangga Muda untuk Kolesterol dan Sistem Kekebalan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Mangga memiliki kandungan kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mangga yang merupakan buah musiman yang hanya ada di sekitar bulan Agustus hingga Desember. Rasanya yang enak, membuat buah ini banyak diminati.

Buah mangga memiliki rasa manis ketika sudah matang. Namun mangga yang masih muda ternyata juga sangat enak untuk dikonsumsi, walaupun memiliki rasa yang cukup asam, dan teksturnya yang sedikit keras. Mangga mengandung serat larut dalam air yang membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Mangga muda memiliki kandungan vitamin C dan zat besi. Menurut sebuah penelitian, kandungan vitamin C yang terdapat pada mangga muda, setar dengan vitamin C yang ada di dalam 35 buah apel, 18 buah pisang dan 9 buah lemon. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi mangga muda, yang sangat baik untuk kesehatan:

Manfaat Mangga Muda

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat mengonsumsi mangga muda yang pertama, yaitu bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena mangga muda memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C bisa membantu meningkatkan produksi sel imun tubuh, membuat tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Mangga muda juga memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu menjaga sel tubuh, dari serangan radikal bebas yang menjadi penyebab rusaknya sel tubuh.

2. Mencegah Asam Lambung

Walaupun mangga muda memiliki rasa yang asam, namun ternyata mangga muda bisa membantu mengatasi penyakit asam lambung. Asam lambung terjadi karena kandungan asam yang ada di dalam lambung sangat tinggi. Biasanya asam lambung muncul dengan gejala mual dan nyeri pada perut. Mangga muda memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, antioksidan dan asam amino, yang bisa membantu membuat asam di dalam lambung menjadi netral.

3. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi disaat tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia bisa disebabkan karena banyak hal seperti sedang datang bulan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, pikiran yang stres dan karena memiliki riwayat penyakit tertentu. Mangga muda dipercaya memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, dan membantu menjaga elastisitas pembuluh darah, sehingga aliran darah merah di dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Manfaat Mangga Muda

4. Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol

Mangga muda adalah buah yang sangat bersahabat untuk orang yang sedang diet. Karena mangga muda dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Buah mangga muda juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, buah mangga muda memiliki kandungan yang kaya akan serat. Kandungan serat ini bisa membuat perut kenyang lebih lama, mengontrol nafsu makan, menjaga keseimbangan kolesterol dan menurunkan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat mengonsumsi mangga muda yang terakhir, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, agar gigi tidak mudah keropos dan napas tetap segar. Beberapa penyakit gigi dan mulut seperti gusi berdarah, gigi berlubang, sariawan dan bau mulut, disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Maka dari itu, konsumsilah mangga muda untuk menambah asupan vitamin C di dalam tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam mangga muda juga bisa menghambat pertumbuhan plak pada gigi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading