Sukses

Lifestyle

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Susu

Fimela.com, Jakarta Susu adalah minuman yang menyehatkan dan kaya akan kalsium. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi susu, bisa menyebabkan efek samping yang tidak baik untuk tubuh. 

Selain kalsium, susu juga memiliki kandungan mineral, vitamin B12, vitamin D, lemak baik, potassium dan fosfor. Kandungan yang terdapat di dalam susu ini, sangat baik jika dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, dan untuk mencegah osteoporosis untuk orang dewasa.

Susu sangat bermanfaat untuk membantu mencegah osteoporisis, membantu mengontrol berat badan, menambahkan energi sehari-hari dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi susu tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Berikut efek samping terlalu banyak mengonsumsi susu, dilansir dari Merdeka.com:

Mengganggu Sistem Pencernaan

Efek samping mengonsumsi terlalu banyak susu, bisa menyebabkan sistem pencernaan menjadi terganggu. Susu adalah minuman yang membuat perut kenyang lebih cepat. Sehingga bisa membuat perut menjadi kembung, mual hingga muntah.

Selain itu, untuk beberapa kondisi gangguan sistem pencernaan, bisa membuat usus mengeluarkan enzim terlalu banyak di dalam aliran darah, yang memicu munculnya penyakit tubuh yang kronis.

Menyebabkan Jerawat

Susu memiliki kandungan yang kaya akan protein. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk membantu memelihara jaringan tubuh, membuat tulang lebih kuat, mendukung pertumbuhan otot dan mendukung tumbuh kembang anak.

Tapi meminum susu terlalu banyak, bisa memicu tumbuhnya jerawat pada perempuan dan lelaki remaja maupun dewasa. Karena kandungan protein yang membantu menumbuhkan otot, juga memproduksi minyak berlebih yang memicu timbulnya jerawat.

Mudah Mengantuk

Walaupun minum susu bisa membuat tubuh lebih berenergi, namun ternyata terlalu banyak mengonsumsi susu, justru menyebabkan otak mudah lelah, mudah mengantuk dan juga hilang konsentrasi.

Sistem kinerja otak yang terganggu ini di sebabkan karena susu memiliki kandungan kasein. Kandungan ini bisa membuat otak kehilangan sinyal untuk merespon sesuatu, dan sangat berbahaya jika terjadi pada seseorang berusia lanjut.

Menyebabkan Penyakit Jantung

Terlalu banyak mengonsumsi susu bisa menyebabkan efek samping penyakit jantung. Karena susu memiliki kandungan yang tinggi lemak dan tinggi serat. Apalagi jika mengonsumsi susu formula yang memiliki kandungan gula tambahan.

Untuk Sahabat Fimela yang memiliki riwayat jantung, lebih baik mengonsumsi susu nabati yang terbuat dari kedelai atau gandum. Bukan susu hewani yang berasal dari sapi, atau susu yang sudah diolah menjadi susu botol, susu formula atau susu kaleng.

Menyebabkan Asam Lambung

Efek samping mengonsumsi terlalu banyak susu yang terakhir, yaitu bisa memicu naiknya asam lambung atau GERD. Karena susu mengandung asam yang terlalu tinggi, apalagi susu yang terbuat dari hewani dan susu olahan.

Asam lambung biasanya muncul dengan gejala nyeri di perut, pusing, mual, dada sesak dan bisa menyebabkan muntah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading