Sukses

Lifestyle

Kebiasaan yang Membuat Tubuh Mudah Lelah Pada Saat Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga juga bisa membuat bentuk tubuh lebih bagus, awet muda dan mempercepat program diet.

Olahraga harus dilakukan secara rutin dan telaten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun ada beberapa orang yang malas melakukan olahraga, tidak ada waktu cukup untuk berolahraga dan terpaksa untuk melakukan olahraga. Padahal sebenarnya ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kebiasaan melakukan olahraga yang dilakukan secara terpaksa, justru bisa membuat tubuh menjadi mudah lemah, mengantuk, bahkan mmebuatmu terlihat lebih tua. Berikut beberapa kebiasaan yang harus dihindari pada saat olahraga, dilansir dari Merdeka.com:

 

 

Olahraga Tanpa Berhenti

Kebiasaan yang membuat tubuh lemas saat berolahraga, yaitu tidak berhenti melakukan olahraga. Karena terlalu bersemangat membentuk tubuh dan menurunkan berat badan, banyak orang melakukan olahraga terus menerus tanpa berhenti.

Kebiasaan ini harus dihindari, karena bisa membuat tubuh lemas, mudah mengantuk dan membuat sistem imun tubuh menjadi lemah. Olahraga tanpa berhenti ini bisa membuatmu kurang tidur dan meningkatkan hormon kortisol. Selain itu olahraga tanpa berhenti juga memerlukan energi yang cukup banyak, sehingga meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Jika gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi, maka akan memicu berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga seminggu tiga kali untuk pemula, dan jangan lupa untuk melakukan teknik olahraga dengan benar.

 

Menggunakan Teknik yang Salah

Kebiasaan yang harus dihindari selanjutnya adalah menggunakan teknik yang salah saat olahraga. Walaupun beberapa gerakan olahraga terlihat mudah untuk ditirukan, namun gerakan tersebut memerlukan teknik khusus yang sangat berperngaruh dengan postur tubuh.

Kalau salah melakukan teknik olahraga, bisa membuat tubuhmu mudah lelah, otot terjepit, bahkan sangat berpengaruh dalam pembentukan tulang. Maka dari itu, agar teknik saat olahraga tidak salah, gunakanlah pelatih yang tepat untuk mengajarimu teknik olahraga.

Terlalu Sering Kardio

Kardio adalah olahraga yang bisa membantu tubuh lebih sehat seperti lari, zumba, aerobik, lompat tali dan bersepeda. Namun terlalu sering melakukan kardio, bisa membuat tubuh menjadi mudah lemas.

Untuk membuat tubuh lebih kuat, kamu memerlukan beberapa olahraga yang melatih kekuatan otot seperti angkat beban. Sedangkan olahraga kardio tidak menggunakan kekuatan otot, hanya untuk menurunkan berat badan saja.

Tidak Melakukan HIIT

HIIT atau high-intensity interval training adalah jenis olahraga yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sering kali orang melupakan olahraga HIIT. Kebiasaan melupakan HIIT bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah lemas.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang melakukan HIIT setiap seminggu satu kali, bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah sakit jantung, mencegah diabetes dan awet muda.

 

Tidak Mengimbangi dengan Gizi Cukup

Kebiasaan yang sering kali dilakukan saat olahraga, adalah tidak mengonsumsi makanan sebelum berolahraga. Padahal saat olahraga, tubuh memerlukan energi yang banyak untuk membakar lemak.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek sebelum olahraga, mengonsumsi makanan berserat, mengandung vitamin dan mineral.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading