Sukses

Lifestyle

5 Jenis Sumber Protein Nabati yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga untuk Pembentukan Otot

Fimela.com, Jakarta Saat melakukan olahraga, pastinya tubuh akan membuang kalori yang banyak. Sehingga untuk memulihkan stamina, Sahabat Fimela harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap, salah satunya mengonsumsi protein.

Protein adalah sumber gizi yang bisa membantu pembentukan otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menambah kalori tanpa membuat berat badan naik. Makanan dan minuman yang mengandung protein sangat wajib dikonsumsi orang yang sedang diet.

Sumber protein dibagi menjadi dua, yaitu protein hewani yang berasal dari hewan seperti telur, dan protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Berikut jenis sumber protein nabati, yang baik dikonsumsi setelah olahraga, agar otot terbentuk dengan baik, dilansir dari Merdeka.com:

 

Susu Kedelai

Sumber protein pertama yang baik dikonsumsi setelah olahraga yaitu susu kedelai. Susu kedelai terbuat dari olahan kacang kedelai, yang mengandung protein tinggi. Kandungan protein ini bisa membantu pembentukan otot di dalam tubuh.

Susu kedelai juga memiliki kandungan potasiun, vitamin D, kalsium dan asam amino, yang berfungsi untuk mengontrol kolesterol, menurunkan berat badan, mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker.

 

Kacang Merah

Kacang merah merupakan sumber protein nabati, yang cocok dikonsumsi setelah olahraga untuk membantu pembentukan otot. Karena kacang merah juga memiliki kandungan yang kaya akan serat, fosfor, vitamin B1, zat besi, potasium dan magnesium.

Kandungan yang terdapat di dalam kacang merah, bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal, mengontrol kadar gula darah, menurunkan tekanan darah dan menghilangkan kolesterol jahat. Kacang merah ini bisa dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi sup.

 

Gandum

Gandum atau yang sering disebut dengan oatmeal, merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat. Sehingga makanan ini sering dikonsumsi, oleh orang yang sedang berjuang untuk diet.

Selain mengandung serat, ternyata setengah cangkir gandum kering, memiliki kandungan sekitar 6gram protein. Gandum ini juga mengandung magnesium, zinc, fosfor dan folat. Gandum ini bisa dikonsumsi pada pagi hari setelah olahraga.

Biji Chia

Biji chia atau chia seeds, merupakan bahan makanan yang tinggi akan protein, yang baik dikonsumsi setelah melakukan olahraga, untuk membantu pembentukan otot.

Dalam satu sendok makan biji chia sama dengan mengonsumsi 3gram protein. Biji chia juga memiliki kandungan lemak baik dan omega 3, yang berfungsi untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung.

 

Sayuran Hijau

Sumber protein yang terakhir adalah sayuran hijau. Sayuran hijau sangat wajib dikonsumsi setelah olahraga. Selain membantu pembentukan otot, sayuran hijau juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sayuran hijau juga memiliki kandungan antioksidan, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayuran hijau yang bisa dinikmati adalah bayam, brokoli, sawi, kangkung dan lain-lain.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading