Sukses

Lifestyle

5 Makanan Penyebab Batu Empedu yang Wajib Dihindari

Fimela.com, Jakarta Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah penyakit yang ditandai dengan sakit perut secara mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu. Sebagian besar batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang akhirnya mengeras dan membentuk batu.

Batu empedu terbentuk dari kelebihan zat sisa yang seharusnya dibuang oleh cairan empedu tetapi malah jadi menggumpal dan mengeras seperti bongkahan. Salah satu penyebab batu empedu ialah makanan yang tidak sehat tetapi dikonsumsi dalam jumlah banyak sehari-hari. Kamu perlu tahu bahwa ada sejumlah makanan yang dapat memicu pembentukan batu empedu.

Biasanya selain tidak sehat dan higienis, makanan penyebab empedu ini mengandung lemak dan kolesterol. Alhasil, makanan tersebut bisa mengakibatkan cairan empedu mengandung terlalu banyak lemak dan kolesterol. cairan tersebut akan disimpan terlebih dahulu di dalam kantung empedu. Kantung empedu kemudian berisiko menyisakan zat lemak dan kolesterol terlalu banyak, yang akan berubah menjadi batuan.

Oleh karena itu, menjadi penting bagi kamu untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa menyebabkan risiko penyakit kantung empedu agar kamu menjadi lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Dilansir dari Liputan6.com, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 makanan penyebab batu empedu yang wajib dihindari.

Gorengan atau Makanan yang Digoreng

Makanan penyebab batu empedu yang pertama ialah gorengan atau makanan yang digoreng. Pastinya kamu sudah tidak asing dengan gorengan dan bisa jadi kamu juga menyukainya karena cara buatnya yang mudah dan juga rasanya yang gurih dan renyah.

Walaupun terlihat nikmat tetapi sebenarnya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng itu juga kurang baik karena makanan ini dapat mengiritasi kantong empedu. Hal ini dikarenakan makanan yang digoreng mengandung lemak tinggi.

Empedu akhirnya akan bekerja lebih keras untuk memproses makanan berlemak tinggi tersebut. Lemak yang tidak dapat diproses dengan baik oleh empedu akan tersisa dan berubah menjadi keras di dalam kantong empedu. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan yang digoreng terlalu sering.

Makanan Berlemak Tinggi

Makanan penyebab batu empedu yang kedua dan perlu kamu hindari ialah makanan yang berlemak tinggi. Beberapa makanan berlemak merupakan faktor utama penyebab terbentuknya batu empedu. Namun, walaupun perlu dihindari, tidak semua makanan berlemak sebaiknya kamu hindari.

Jenis lemak dari makanan pemicu terbentuknya batu empedu yang harus dihindari adalah lemak trans jenuh, lemak jenuh, lemak hewani, dan lemak terhidrogenasi. Hal ini karena lemak-lemak tersebut dapat membuat empedu bekerja terlalu berat mencerna lemak sehingga akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Makanan dengan Kandungan Kadar Asam yang Tinggi

Berikutnya, makanan penyebab batu empedu yang ketiga ialah makanan yang kadar asamnya sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa makanan yang mengandung asam tinggi tidak hanya dapat menyebabkan iritasi pada perut, melainkan makanan yang bersifat asam seperti buah jeruk, kopi, dan saus tomat juga bisa memicu gangguan pada kantung empedu kamu.

Jika kamu tidak ingin mengambi risiko dari makanan ini, maka kamu harus bisa mengurangi konsumsinya. Contohnya, minum kopi sewajarnya saja, tidak perlu setiap malam atau setiap jam mengonsumsi kopi. Tidak hanya kopi, saus sambal dan tomat juga perlu kamu kurangi agar tidak menyakiti lambung dan kantung empedu.

Makanan dari Produk Olahan Susu

Keempat, makanan penyebab empedu lainnya yang sepertinya sulit kamu hindari ialah makanan yang berasal dari produk olahan susu. Contoh produk olahan susu ini seperti, keju ataupun es krim. Meskipun nampak menggugah selera, tetapi kamu perlu mengurangi konsumsinya.

Sebab, kedua jenis makanan tersebut menjadi makanan penyebab batu empedu karena memiliki kandungan lemak yang tergolong sedang hingga tinggi. Selain itu, beberapa produk susu dapat meningkatkan kadar lemak ke tingkat berbahaya jika kantong empedu telah mengalami berbagai masalah.

Makanan Hasil Produk Olahan Karbohidrat

Terakhir, makanan penyebab empedu yang kelima dan wajib kamu hindari ialah makanan hasil produk olahan karbohidrat. Makanan jenis ini sering menjadi penyebab terbentuknya batu di empedu adalah makanan yang mengandung karbohidrat olahan.

Makanan yang termasuk karbohidrat seperti gula dan pemanis, tepung terigu, biji-bijian olahan, dan pati menjadi makanan penyebab batu empedu yang perlu dihindari. Biasanya, karbohidrat olahan ini dapat kamu temukan di kue, biskuit, roti, cokelat, permen, serta minuman manis.

Asupan karbohidrat olahan memicu pembentukan batu empedu dengan cara meningkatkan sekresi insulin. Peningkatan hormon insulin terbukti dapat meningkatkan konsentrasi kolesterol dalam empedu.

;
Loading