Sukses

Lifestyle

4 Hal Penting yang Perlu Diketahui sebelum Berinvestasi di Emas

Fimela.com, Jakarta Selain menabung, salah satu cara untuk mengatur keuangan dengan lebih baik adalah melakukan investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa kita pilih. Salah satunya adalah investasi emas.

Sebelum berinvestasi, ada baiknya untuk memahami jenis investasinya dengan baik. Dalam berinvestasi di emas pun, ada sejumlah hal penting yang perlu kita pahami lebih dulu. Mengutip buku Make it Happen! karya Prita Hapsari Ghozie, investasi emas merupakan investasi yang bisa dikelola sendiri, dalam arti kita bisa memutuskan untuk membeli atau menjual tanpa terhalang dengan aturan jatuh tempo pencairan dana, proses hari kerja, atau penalti. Berikut ini empat hal penting yang perlu kita pahami lebih dulu sebeluam berinvestasi di emas.

1. Investasi Emas Dapat Berupa Logam Mulia dan Perhiasan

Kita bisa berinvestasi di emas dalam bentuk logam mulia dan perhiasan. Di Indonesia, koin emas dijual dalam ukuran 1 gram sampai 10 gram. Ada juga emas batangan yang dijual dalam ukuran 25 gram sampai 1 kg. Perhiasan emas dalam bentuk cincin, kalung, atau gelang juga bisa dipilih untuk investasi.

2. Saham Pertambangan Bisa Jadi Alternatif

Alternatif untuk investasi emasi tanpa memegang fisik adalah dengan membeli saham pertambangan. Dengan membeli saham, kita tak perlu khawatir atau bingung dalam menyimpan emas dalam bentuk fisik. Sehingga kita bisa merasa lebih aman dan nyaman.

 

 

3. Membeli Emas dalam Ukuran Kecil Bisa Dikenai Tambahan Biaya

Emas sangat cocok untuk kebutuhan investasi dalam jangka menengah sampai panjang. Investasi ini bisa digunakan untuk, misalnya biaya uang pangkal anak sekolah, naik haji, modal usaha, persiapan uang muka pembelian rumah, atau mempersiapkan dana pensiun. Membeli emas dalam ukuran kecil biasanya akan dikenakan tambahan biaya, sebab harga yang tertera di situs yang memberi info harga logam mulia adalah harga untuk satuan 100 gram.

4. Hindari Membeli Emas dengan Uang Pinjaman

Belilah emas saat kita benar-benar memiliki uangnya. Hindari membeli emas dengan pinjaman sebab itu akan makin membebani kita dengan biaya bunga yang lebih besar. Emas yang ditujukan khusus untuk investasi umumnya berbentuk koin emas atau emas batangan.

Buat pertimbangan yang benar-benar matang dan rencana yang baik sebelum mulai berinvestasi di emas. Semoga info di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi kita yang tertarik mencoba investasi ini.

#ChangeMaker

;
Loading