Sukses

Lifestyle

Makanan Bergizi dapat Membentuk Otot Lebih Kuat

Fimela.com, Jakarta Asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam pembentukan dan kekuatan otot. Hal ini pun memengaruhi prestasi para atlet di dunia olahraga internasional. 

Menurut Emilia Achmadi, pakar nutrisi profesional mengatakan pembentukan dan kekuatan otot, fokus ditujukan pada jenis dan kuantitas karbohidrat serta protein. Ini menjadi bagian fundamental yang wajib diperhatikan.

Untuk daya tahan tubuh, fokus akan tertuju pada protein dan mikronutrisi seperti vitamin C dan seng. Namun, semua komponen nutrisi penting untuk physical development dan peak performance seorang atlet.

“Semua negara maju yang mendominasi di dunia olahraga dan atlet professional yang menguasai podium internasional menerapkan program nutrisi tidak hanya pada masa karir mereka sebagai atlet elit professional, tetapi juga pada saat mereka memulai karir sebagai atlet junior,” ujar  Emilia dalam siaran pers Hari Olahraga Nasional Ajinomoto.

Dirinya juga tak menampik bahwa cita rasa menjadi salah satu faktor penting untuk membuat makanan yang sesuai dengan kebutuhan atlet. 

Emilia menyampaikan 5 rasa dasar yang dapat dideteksi oleh lidah manusia, manis, pahit, asam, asin, umami. Semua rasa ini kita dapati dengan menggunakan bumbu seperti gula, garam, MSG, merica, dll. Saya rasa dengan penggunaan bumbu umami secukupnya, maka ini menjadi salah satu faktor penting dalam makanan yang dibutuhkan seorang atlet.

“Cita rasa menjadi salah satu faktor penting untuk seorang atlet mengingat jumlah kalori yang harus dikonsumsi setiap harinya,” ucap Emili.

Winning Meals Kachimeshi

Produsen bumbu masak terkemuka, PT Ajinomoto Indonesia, juga menerapkan sport science dalam program Winning Meals Kachimeshi, guna meningkatkan prestasi atlet di Indonesia.

Di Indonesia, program® bertujuan untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik dari atlet nasional agar dapat berbicara banyak dan menjadi juara di kancah Internasional. 

Program ini meliputi support pemberian menu makanan dan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan dari atlet tersebut, dan juga disesuaikan dengan porsi latihan yang dijalani, mulai dari kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan lainnya. Program ini pun di jalankan secara konsisten untuk membentuk performa atlet agar selalu dalam level tertinggi.

Program dilakukan secara konsisten untuk membentuk performa atlet agar selalu dalam level tertinggi. Ajinomoto Indonesia sejak 2017 mendukung atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa dengan program "Winning Meals Kachimeshi".Sudartawa dibantu dan dimonitor oleh pelatih Albert Sutanto dan ahli gizi profesional di bidang olahraga Emilia Achmadi.

Baru-baru ini Ajinomoto Indonesia juga sudah meluncurkan sebuah website inspiratif bernama "kachimeshi-indonesia.com" di mana teradapat beragam artikel inspiratif tentang perjuangan Siman dalam meraih juara dan diharapkan dapat menambah wawasan pembaca dan keluarga seputar gaya hidup seimbang bernutrisi yang juga aktif dan bahagia

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading