Sukses

Lifestyle

Bertahan dengan Gaji Pas-pasan di Jakarta, Ini Pegangan Hidupku

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang uang bukan segalanya. Hanya saja uang tetaplah kita butuhkan dalam kehidupan. Mengatur keuangan, membuat rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu, mewujudkan impian melalui perencanaan finansial yang baik, rencana investasi dan membeli rumah, hingga pengalaman terkait memberi utang atau berutang pasti pernah kita alami. Banyak aspek dalam kehidupan kita yang sangat erat kaitannya dengan uang. Nah, dalam Lomba Share Your Stories September 2020: Aku dan Uang ini Sahabat Fimela semua bisa berbagi tulisan terkait pengalaman, cerita pribadi, kisah, atau sudut pandang terkait uang. Seperti tulisan berikut ini.

***

Oleh: Umy Muslimah

Aku ingin bercerita sedikit tentang pendapatanku sebagai karyawan di sebuah yayasan yang terletak disudut kota Jakarta. Gajiku di bawah UMR karena tempat kerjaku hanya sebuah yayasan bukan PT.

Tapi aku selalu bersyukur di tengah susahnya orang mencari pekerjaan, aku masih bisa mencari nafkah untuk anak-anakku karena aku seorang single parent. Penghasilanku yang pas-pasan aku gunakan untuk membayar sewa rumah dan biaya sehari-hari.

Jujur kalau melihat angka itu tidak akan masuk akal. Kok bisa uang segitu bisa hidup di Jakarta? Tapi karena aku selalu yakin Allah akan selalu memberi rezeki pada hamba-Nya yang berusaha, alhamdulillah aku masih bisa makan sampai hari ini.

Hidup Hemat

Di sela-sela kesibukanku bekerja, aku sambil berjualan apa saja ke teman-temanĀ  yang penting bisa menghasilkan uang. Kunciku hanya satu, yaitu selalu berhemat. Kalau tidak urgent atau hanya sekadar untuk kebutuhan gaya aku berusaha untuk menahan untuk tidak tergoda.

Cara mengatur keuangan itulah yang menentukan bisa tidaknya kita bertahan hidup di kondisi seperti ini. Biasakanlah membeli sesuatu sesuai kemampuan. Oh iya walaupun hidupku pas pasan aku selalu berusaha berbagi dengan menyisihkan sebagian rezeki aku untuk orang yang mungkin kurang beruntung karena prinsipku bersedekah itu tidak akan membuat kita menjadi miskin. Dengan berbagi kita menjadi sadar bahwa kita harus selalu bersyukur bahwa kita masih bisa membahagiakan orang lain walaupun sebenarnya hidup kita pun sulit.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
PSBB Total, Semua Mal di Jakarta Tutup Mulai 14 September 2020
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Catatan Keuangan Harian, Bantu Mudahkan Banyak Hal