Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Latihan Pemanasan Sebelum Olahraga yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Banyak orang sering menyepelekan pemanasan sebelum berolahraga karena sering dianggap tidak penting dan tidak memiliki manfaat yang berarti untuk kesehatan tubuh. Padahal, melakukan pemanasan sebelum berolahraga itu punya peranan penting, baik untuk aktivitas olahraga yang akan dilakukan atau kesehatan itu sendiri.

Meskipun latihan pemanasan terlihat sepele dan membosankan, sebaiknya kamu tetap melaksanakan latihan pemanasan. Apalagi jika olahraga yang akan kamu kerjakan itu termasuk olahraga yang berat. Tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga dapat menyebabkan kram pada bagian tubuh tertentu.

Trik agar kamu tidak malas melakukan pemanasan sebelum olahraga ialah dengan memilih jenis pemanasan yang menghibur, misalnya dengan senam zumba yang ringan atau melakukan pemanasan sambil mendengarkan musik sehingga kamu semakin bersemangat untuk melakukannya.

Nah, biar kamu lebih termotivasi lagi untuk rajin melakukan pemanasan, maka kamu perlu tahu apa saja manfaat dari latihan pemanasan. Dilansir dari Liputan6.com, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 manfaat latihan pemanasan sebelum olahraga yang jarang disadari. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Menyehatkan Jantung dan Dapat Mengurangi Stres

Manfaat latihan pemanasan yang pertama ialah dapat menstabilkan detak jantung dan dapat mengurangi stres. Pada saat melakukan pemanasan, jantung nantinya akan berdegup kencang. Oleh karena itu, lakukanlah pemanasan untuk menstabilkan detak jantung agar berolahraga lebih optimal.

Menariknya, pemanasan juga ternyata tidak hanya berguna untuk kesehatan secara fisik tetapi juga secara mental. Perlu kamu tahu bahwa Pemanasan dapat menghilangkan perasaan stres dan depresi yang dirasakan sebelum olahraga. Efek relaksasi yang didapatkan karena aliran darah dan oksigen lancar merupakan salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga.

Memacu Stamina dan Kelenturan Tubuh

Manfaat latihan pemanasan yang kedua ialah dapat memacu stamina dan kelenturan tubuh. Hal ini karena pada saat berolahraga, semakin banyak energi yang kamu bakar maka akan semakin cepat pula kamu merasa kelelahan. Justru dengan melakukan pemanasan, maka kamu dapat menunda timbulnya kelelahan otot dengan memastika oksigen mengalir secara efisien melalui darah, sehingga dapat meningkatkan staminan atau daya tahan.

Kemudian, latihan pemanasan sebelum berolahraga juga akan membuat tubuh menjadi lebih lentur dan pastinya akan mengurangi timbulnya rasa nyeri saat tubuh bergerak dengan cepat. Pemanasan dapat melenturkan otot-otot yang masih kaku sebelumnya karena belum banyak bergerak.

Mencegah Terjadinya Cedera saat Berolahraga

Manfaat latihan pemanasan yang ketiga ialah mencegah terjadinya cedera saat berolahraga. Bisa dikatakan bahwa manfaat ini adalah manfaat yang paling umum dan banyak diketahui. Dengan melakukan latihan pemanasan sebelumnya, gerakan tiba-tiba seperti tendangan tinggi atau mendarat yang salah akan lebih tahan banting terhadap otot kram, terkilir, maupun sobek.

Berbagai cedera yang terjadi saat olahraga tersebut tentunya akan membuat kamu kesakitan dan bahkan ada yang membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan. Pemanasan tentunya akan membantu untuk memasok pasokan nutrisi yang lebih besar ke otot, sehingga mengurangi nyeri otot dan membantu mempercepat pemulihan dari cedera otot dan sendi.

Menstabilkan Pernapasan dan Sirkulasi Darah

Manfaat melakukan latihan pemanasan sebelum olahraga yang keempat ialah dapat menstabilkan pernapasan dan sirkulasi darah. Perlu kamu tahu bahwa gerakan-gerakan dalam pemanasan pastinya tidak terlepas dari pengaturan pola pernapasan. Orang yang tidak terbiasa melakukan olahraga akan mengalami sesak napas saat tenaganya langsung dipakai secara besar-besaran karena belum pemanasan.

Oleh karena itu, untul menghindari sesak napas saat berolahraga, maka kamu perlu melakukan latihan pemanasan agar sirkulasi udara menjadi lebih stabil saat berolahraga.

Selain itu, latihan pemanasan juga dapat meningkatkan aliran darah ke otot. Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pengingkatan sirkulasi darah karena pemanasan dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi organ. Tekanan darah akan menjadi lebih konsisten saat berolahraga, begitu pula dengan detak jantung.

Membantu Mengurangi Kolesterol

Terakhir, manfaat latihan pemanasan sebelum olahraga ialah dapat membantu mengurangi kolesterol. Tentunya manfaat ini juga akan semakin maksimal untuk kamu dapatkan jika dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Dengan pemanasan dan makanan sehat, maka kamu bisa mencegah atau menghindari terjadinya penyakit jantung.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Kamu Creativepreneur? Tunjukkan Karyamu Lewat Festival Kreatif Lokal 2020!
Artikel Selanjutnya
Uang Tak Bisa Menawar Kematian, Ada Hal dalam Kehidupan yang di Luar Kuasa Manusia