Sukses

Health

4 Tanda-Tanda Kolesterol Naik yang Sering Muncul dan Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Di dalam tubuh terdapat kandungan kolesterol yang disebut dengan zat lilin seperti lemak. Sehingga kolesterol tidak dapat larut dalam air. Kolesterol ini diproduksi oleh hati yang berfungsi untuk membentuk membran sel, vitamin D dan hormon.

Ada dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh, yaitu lipoprotein densitas rendah atau LDL dan high density lipoprotein atau HDL. LDL merupakan kolesterol jahat yang berbahaya di dalam tubuh. Sedangkan HDL adalah kolesterol baik yang bisa membantu mengurangi LDL.

Meningkatnya LDL ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman berlekmak. Hal ini bisa membuat lemak menimbun di dalam tubuh, kemudian timbunan lemak ini akan membuat aliran darah kurang lancar, dan menyebabkan penyakit seperti jantung. Untuk itu, yuk kenali tanda-tanda kolesterol naik yang harus diwaspadai:

 

Tanda-Tanda Kolesterol Naik

1. Mudah Lelah dan Mengantuk

Tanda-tanda kolesterol naik yang pertama adalah tubuh mudah lelah dan mengantuk. Kolesterol tinggi ini bisa menyebabkan timbunan lemak, yang bisa menghambat aliran darah di dalam tubuh. Kurangnya asupan darah di dalam tubuh, bisa membuat tubuh menjadi lemah dan mengantuk. Selain itu, aliran darah yang kurang lancar di dalam tubuh, akan membuat otak kekurangan oksigen yang dialirkan oleh darah, sehingga fungsi otak akan berkurang untuk memberikan sinyal di dalam tubuh.

2. Nyeri Kaki, Dada dan Leher

Penumpukan plak atau lemak di dalam aliran darah, yang membuat aliran darah menjadi tidak lancar ini, bisa menyebabkan rasa nyeri dibagian kaki, leher dan dada. Kolesterol yang tinggi ini ditandai dengan rasa pegal pada kaki, yang membuat kaki menjadi lebih susah untuk jalan, karena kaki kram dan kurangnya aliran di dalam kaki.

Tanda-tanda kolesterol naik dengan nyeri dibagian leher, disebabkan karena aliran darah yang mengalir ke otak kurang lancar. Selain menyebabkan nyeri leher, aliran darah yang kurang lancar juga menyebabkan pusing. Sedangkan nyeri yang terjadi pada bagian dada, disebabkan karena aliran darah yang tersumbat, dan bisa menyebabkan penyakit kronis seperti serangan jantung.

Tanda-Tanda Kolesterol Naik

3. Munculnya Bercak di Kulit dan Area Mata

Kolesterol tinggi juga ditandai dengan adanya muncul bercak-bercak di kulit dan area mata, yang disebut dengan xanthomata dan xanthelasma. Tentunyahal ini disebabkan karena timbunan lemak yang ada di dalam jaringan tubuh. Tanda xanthomata ini timbul pada permukaan kulit dan urat. Hal ini ditandai dengan munculnya pembengkakan berbentuk bulat, dengan warna kekuningan di area kulit dan urat. Sedangkan xanthelasma ini, ditandai dengan munculnya bercak-bercak kuning pada area mata, yang disebabkan darah kurang lancar di area mata.

4. Bisa Saja Tidak Muncul Tanda Spesifik

Kolesterol tinggi bisa saja muncul tanpa adanya tanda-tanda yang terlihat secara spesifik. Ada juga yang mendadak merasakan kepala pusing hingga pingsan, bahkan pada kondisi parah bisa menyebabkan serangan jantung mendadak, dan menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Untuk itu, maka dokter menganjurkan untuk melakukan cek kolesterol secara rutin. Apalagi pada umur mulai 20tahunan, ada baiknya cek kolesterol setiap 4 hingga 6 tahun sekali, dan menjaga pola hidup yang sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading