Sukses

Lifestyle

Cara Meningkatkan Kepadatan Tulang Secara Alami Agar Tidak Mudah Keropos

Fimela.com, Jakarta Osteoporosis merupakan sebuah kondisi saat kepadatan tulang berkurang. Osteoporosis isa membuat tulang yang mudah keropos dan patah tulang. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga kesehatan tulang sejak dini.

Sebenarnya tulang keropos ini tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Namun saat kamu terjatuh atau mengalami cidera pada tulang, saat itulah gejala osteoporosis dapat dilihat.

Kepadatan tulang bisa dijaga dan dilakukan dengan cara yang alami, apalagi untuk orang yang menginjak usia mulai 20tahunan. Berikut beberapa cara meningkatkan kepadatan tulang secara alami agar tidak mudah keropos, dilansir dari Merdeka.com:

 

Angkat Beban

cara meningkatkan kepadatan tulang secara alami agar tidak mudah keropos, bisa dilakukan dengan cara latihan angkat beban, pada saat berolahraga setiap harinya.

Latihan angkat beban atau kekuatan ini harus didampingi oleh instruktur. Karena kalau salah teknik saat latihan, justru bisa membuat tulang menjadi mudah patah atau bengkok.

Selain menjaga kepadatan tulang, latihan angkat beban ini bisa membuat ukuran tulang meningkat, mempercepat pertumbuhan tulang, meningkatkan mineral di dalam tulang, melindungi tulang keropos dan meningkatkan massa otot.

 

Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Untuk membantu menjaga kepadatan tulang agar tidak mudah keropos, Sahabat Fimela harus menjaga pola makan, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap, salah satunya adalah sayuran hijau.

Sayuran hijau memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, serat dan mineral. Kandungan yang terdapat di dalam sayuran hijau ini, bisa membantu melindungi tulang dari radikal bebas, yang bisa merusak kekuatan sel pada tulang, yang menyebabkan tulang mudah keropos.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Kalsium Tinggi

Seperti yang kita tahu, menjaga kepadatan tulang secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman berkalsium. Makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi, bisa membuat tulang tidak mudah keropos.

Kalsium harus dikonsumsi setiap hari sedikit demi sedikit. Jangan mengonsumsi kalsium sehari sekali dengan jumlah yang banyak. Kalsium bisa didapatkan dari mengonsumsi susu, yogurt, keju dan olahan susu lainnya.

Menghindari Diet Ketat

Cara meningkatkan kepadatan tulang secara alami agar tidak mudah keropos selanjutnya, yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap ideal, namun harus menghindari diet ketat yang mengurangi asupan kalori harian.

Agar berat badan tetap ideal tanpa melakukan diet ketat, kamu bisa menghitung kalori harianmu, dan konsumsilah makanan bergizi seperti protein, vitamin, serat, mineral dan karbohidrat kompleks. Jangan lupa juga untuk melakukan sarapan, untuk menambah kepadatan tulang dan stamina setiap harinya.

 

Mengonsumsi Omega 3

Cara alami yang terakhir untuk meningkatkan kepadatan tulang, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Kandungan ini juga bisa membantu mencegah pengeroposan tulang, serta menjaga sistem imun tubuh tetap kuat.

Makanan yang mengandung omega 3 terdapat pada salmon, mackerel, kacang-kacangan, telur dan biji-bijian. Omega 3 ini juga bisa didapatkan dari mengonsumsi multiple vitamin atau suplemen. Namun untuk mengonsumsi suplemen, lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mengatasi Gangguan agar Olahraga di Rumah Lebih Efektif
Artikel Selanjutnya
Resep Mapo Tofu 2 Bahan Praktis dan Hemat