Sukses

Lifestyle

Kenali Aneka Kecap untuk Berbagai Olahan Masakan

Fimela.com, Jakarta Kecap adalah bahan masakan yang sering digunakan, sebagai penambah cita rasa masakan menjadi lebih manis atau asin. Kecap identik dengan warna hitam dengan tekstur kental, yang memiliki rasa manis dan terbuat dari kacang kedelai.

Namun ternyata ada kecap yang memiliki rasa asin, sedikit asam, tekstur tidak terlalu kental dan memiliki aroma yang unik. Aneka jenis kecap ini juga digunakan untuk mengolah masakan, atau digunakan untuk menyantap berbagai macam makanan.

Jenis kecap terdiri dari kecap manis, kecap ikan, kecap asin dan kecap inggris. Berikut penjelasan dan fungsinya dari jenis-jenis kecap tersebut, dilansir dari Dream.co.id:

Kecap Manis

Jenis kecap yang pertama adalah kecap manis. Kecap manis merupakan kecap yang paling sering digunakan, untuk membuat berbagai jenis masakan rumahan seperti semur, nasi goreng, mie goreng, sate dan lain-lain.

Kecap manis terbuat dari olahan kedelai hitam, gula kelapa, garam dan air. Kecap manis ini memiliki tekstur yang kental dan berwarna hitam.

Kecap Ikan

Kecap ikan merupakan kecap yang diolah dengan cara melakukan fermentasi ikan, yang dicampur dengan garam dan didiamkan selama sebulan. Sehingga kecap ikan ini memiliki rasa yang asin.

Kecap ikan biasanya digunakan untuk memasak masakan Jepang, Tiongkok, Korea atau peranakan, seperti sapo tahu, bakso ikan, kimchi dan olahan ikan lainnya.

 

Kecap Asin

Jenis kecap yang selanjutnya adalah kecap asin. Tentu saja kecap asin memiliki rasa yang asin, hampir sama rasanya dengan kecap ikan. Kecap asin ini diproduksi dengan cara melakukan fermentasi bahan nabati dan hewani, yang dicampur dengan garam yang banyak.

Kacang asim memiliki tekstur agak cair, berwarna cokelat tua, berbau asam dan memiliki rasa asin. Kecap asin digunakan untuk membuat masakan tumisan atau daging-dagingan.

 

Kecap Inggris

Jenis kecap yang terakhir yaitu kecap Inggris. Kecap Inggris memiliki nama lain yaitu worcestershire sauce atau worcester sauce. Kecap ini biasanya digunakan untuk membuat olahan sapi lada hitam, ayam goreng mentega, steak dan olahan daging lainnya.

Kecap Inggris ini terbuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, cengkeh dan aneka bawang.

 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
2 Menu Es Kopi yang Cocok Temani WFH di Musim Panas
Artikel Selanjutnya
Resep Telur Kukus 2 Bahan Silky Lembut di Mulut