Sukses

Lifestyle

Jenis Minuman Kopi yang Wajib Dikenali Pecinta Kopi

Fimela.com, Jakarta Kopi merupakan minuman yang banyak digemari orang-orang. Dari zaman dahulu kopi merupakan minuman yang digemari orang tua, namun di zaman sekarang, kopi digemari banyak anak muda dan menjadi gaya hidup bagi anak muda.

Kopi bisa membuat energi atau stamina kaum muda menjadi lebih meningkat, membuat otak lebih bisa berkonsentrasi, membuat suasana hati menjadi lebih baik dan bisa membantu menahan ngantuk.

Di zaman sekarang ini juga semakin banyak coffee shop. Banyak sekali jenis kopi yang dijual di coffe shop. Mulai dari kopi khas Indonesia hingga racikan kopi ala kafe. Berikut jenis minuman kopi yang wajib dikenali pecinta kopi, dilansir Brilio.net:

 

Espresso

Jenis minuman kopi yang wajib dikenali pecinta kopi yang pertama adalah espresso. Espresso adalah kopi murni yang tidak dicampur dengan bahan apapun. Espresso juga dinikmati tanpa menggunakan susu atau gula.

Namun espresso ini sangat digemari orang-orang yang menyukai kopi pahit. Dengan rasa kopinya yang kuat ini, espresso memiliki tekstur kopi yang berwarna hitam pekat, terdapat buih putih diatasnya, di sajikan dengan cangkir khusus untuk espresso dengan ukuran sekitar 30mililiter dan mengandung kalori yang rendah.

Americano

Jenis kopi yang kedua adalah americano. Kopi ini hampir sama dengan espresso. Yang menjadi pembeda dari espresso dan americano, yaitu americano terbuat dari mengencerkan espresso yang dicampur dengan air.

Jenis kopi yang memiliki nama lain Long Black ini, biasanya disajikan menggunakan cangkir dengan ukuran 178mililiter, dan bisa disajikan dengan dingin atau panas.

 

Cappucinno

Jenis kopi yang sepanjutnya adalah cappucinno. Minuman ini sangat populer dikalangan anak muda. Kopi ini juga sangat laris dijual di kedai kopi, karena rasanya bercampur antara manis dan pahit.

Minuman ini berasal dari negara Italia, yang terkenal dengan kopi yang berlapis foam susu dan ditaburi dengan bubuk cokelat. Kopi ini dibuat dengan campuran susu dan espresso dengan perbandingan 1:1. Biasanya kopi ini disajikan dengan gelas ukuran 88milimeter hingga 177milimeter. Cappucinno juga bisa disajikan dengan es maupun panas.

Macchiato

Macchiato merupakan jenis kopi yang disajikan dengan dua macam yang berbeda, yaitu long macchiato dan short macchiato. Macchiato jenis long dibuat menggunakan double espresso, sedangkan short macchiato dibuat dengan single shot espresso.

Minuman ini juga cukup populer di kalangan anak muda. Hampir sama dengan cappucino, macchiato dibuat dengan campuran susu. Namun perbandingannya susu dan espresso adalah 4:1.

 

Mocha

Mocha merupakan jenis kopi yang berasal dari daerah Yaman, yaitu Moka. Kopi ini sangat unik dan beda dari yang lain. Karena kopi ini dibuat dengan susu, cokelat dan espresso.

Kopi mocha dibuat dengan perbandingan 1/5 susu, 2/5 cokelat dan 2/5 espresso. Kopi mocha juga memiliki nama lain mochachino.

 

Affogato

Jenis kopi affogato sangat terkenal di negara Eropi. Kopi ini biasanya digunakan sebagai minuman pencuci mulut, disajikan saat musim panas dan setelah makan malam.

Minuman ini memiliki rasa yang nikmat, karena terbuat dari campuran espresso dengan es krim vanilla, dengan perbandingan 2/5 espresso dan 3/5 es krim.

Cold Brew

Kopi identik disajikan dengan menggunakan air hangat. Namun jenis kopi cold brew ini disajikan dengan air dingin. Kopi ini memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam. Es kopi yang satu ini sangat terkenal di Korea dan sering muncul di dalam drama Korea.

 

Frappe

Jenis kopi terakhir yang digemari kaum muda adalah frappe. Nama kopi ini berasal dari bahasa Yunani yang artinya es kopi. Kopi ini terbuat dari campuran kopi, air, gula dan es batu yang dikocok atau diolah menggunakan blender, hingga berbentuk busa.

 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Dari Restoran dan Cocktail Bar, Pantja Hadirkan Layanan Pesan Antar Buttermilk Fried Chicken
Artikel Selanjutnya
Memakai Media Sosial untuk Menghasilkan Uang, Ini yang Kemudian Kualami