Sukses

Lifestyle

5 Jenis Makanan Pembentuk Otot yang Aman Bagi Perempuan

Fimela.com, Jakarta Selain olahraga yang rutin dan disiplin, faktor lain yang membuat perempuan sukses dalam program pembentukan otot ialah asupan makanan yang dikonsumsi. Tentunya terus berolahraga tanpa menjaga pola makan akan mempersulit dirimu untuk mendapatkan bentuk tubuh dan otot yang diinginkan.

Sudah berolahraga berjam-jam bukan berarti kamu bisa mengonsumsi makanan apapun tanpa adanya kontrol. Dalam pembentukan otot, makanan sangat berperan penting karena kandungan gizi dan nutrisi didalamnya akan mempercepat proses pembentukan otot. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari.

Sebaiknya, untuk hasil yang maksimal, kamu perlu menjauhi makanan-makanan yang berlemak dan tinggi karbohidrat. Selain itu, jika memungkinkan, pilihlah makanan yang disajikan dengan cara dikukus dan tidak digoreng karena kandungan lemak jenuh pada minyak goreng bisa menyebabkan obesitas.

Nah, maka dari itu, kamu perlu tahu makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dalam program pembentukan otot. Dilansir dari Merdeka.com, kali ini Fimela.com akan membagikan informasi 5 jenis makanan pembentuk otot yang aman bagi perempuan. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Daging Ikan Tuna

Jenis makanan pembentuk otot yang pertama ialah daging ikan tuna. Perlu kamu tahu bahwa daging ikan tuna mengandung sejumlah gizi yang baik utuk mendukung proses pembentukan otot. Daging ikan tuna adalah sumber protein yang baik. Lemaknya sedikit, namun kaya akan vitamin D, kalsium, dan zat besi. Selain itu, tuna mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan sistem kardiovaskular.

Untuk menjaga kandungan gizi yang ada pada ikan tuna, sebaiknya kamu memasak dagingnya dengan cara dikukus agar bebas dari kandungan jahat yang ada minyak goreng. Bisa juga disiasati dengan menggunakan mentega atau margarin berkalori rendah sehingga kamu tetap bisa mengonsumsinya dalam sajian yang nikmat dan sehat.

Brokoli

Selanjutnya, selain sumber protein, kamu juga memerlukan gizi dari sayur-sayuran untuk proses pembentukan otot. Jenis makanan pembentuk otot yang kedua, yakni brokoli. Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan protein. Sayuran berdaun hijau ini juga memiliki banyak vitamin, seperti A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B12. Vitamin C berfungsi untuk menguatkan imun, vitamin E baik bagi pertumbuhan otot, dan vitamin K memperkuat tulang.

Namun, sebaiknya kamu tetap mengontrol asupan brokoli yang kamu konsumsi karena sayuran ini ternyata bisa menjadi penyebab bau mulut yang kurang sedap. Oleh karena itu, makan brokoli sewajarnya saja dan setelahnya minum air putih yang banyak agar menetralisir bau mulut yang disebabkan oleh brokoli.

Telur

Berikutnya, jenis makanan pembentuk otot lainnya yang sangat baik dikonsumsi dalam proses pembentukan otot ialah telur. Sudah menjadi rahasia umum bahwa telur termasuk sebagai makanan berprotein tinggi. Sementara bagian kuningnya mengandung vitamin A, D, dan E. Namun jika ingin fokus membentuk tulang, cukup nikmati putih telur yang kadar kolesterol dan lemaknya cenderung lebih sedikit.

Sama seperti makanan lainnya, sebaiknya kamu menyajikan telur rebus daripada telur goreng karena kandungan lemak jenuh pada minyak goreng bisa merusak gizi yang ada pada telur. Kemudian, untuk menambah cita rasa dari telur, kamu bisa mencampurkannya dengan makanan lain yang rendah lemak.

Dada Ayam

Keempat, selain daging ikan tuna, sumber protein hewani yang baik dikonsumsi dalam proses pembentukan otot ialah dada ayam. Dibandingkan bagian ayam yang lain, dada ayam tanpa kulit merupakan sumber protein yang baik. Bagian tersebut disarankan untuk dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang daripada digoreng. Sebab kandungan nutrisi di dalamnya bisa tetap utuh dan tidak ada campuran minyak yang terlalu banyak.

Namun, jika kamu kurang nyaman untuk mengonsumsi daging ayam secara dikukus, kamu bisa tetap menggorengnya asal menggunakan minyak yang kandungan lemak jenuhnya rendah. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dan minyak kelapa untuk memasak ayam agar lebih nikmat disantap.

Susu Rendah Lemak

Selain daging, susu juga merupakan sumber protein hewani yang baik untuk tubuh dan juga dapat membantu mempercepat proses perkembangan otot. Susu kaya akan vitamin, mineral, dan protein. Oleh karena itu, susu termasuk sebagai minuman pembentuk otot yang baik. Penelitian juga membuktikan kalau minum susu setelah berolahraga mampu mempercepat pemulihan dan perkembangan otot.

Namun, perlu diingat bahwa susu yang kamu konsumsi haruslah susu yang rendah lemak agar tidak menyebabkan obesitas atau penambahan terhadap berat badan. Kemudian, selain rendah lemak, disarankan untuk mengonsumsi dengan rasa plain dibanding rasa manis agar tidak ada kandungan gula yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Akun Bisnis dalam Satu Aplikasi Dapat Mengatur Pemasukan dan Pengelurahan Tanpa Tercecer
Artikel Selanjutnya
6 Cara yang Dapat Dilakukan untuk Berhenti Mengontrol Hubungan