Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer dan Gadget saat WFH

Fimela.com, Jakarta Kondisi pandemi yang masih belum bisa dikendalikan memaksa kita untuk melanjutkan aktivitas Work From Home (WFH). Sayangnya, sebagian besar orang nampaknya kurang nyaman dengan metode kerja secara WFH karena berbagai alasan. Mulai dari alasan jenuh sampai pada urusan kesehatan mata karena harus terus menatap layar selama berjam-jam.

Bisa dikatakan bahwa metode bekerja secara WFH menjadi kurang efektif karena berhadapan dengan layar dalam waktu yang lama akan membuat tubuh menjadi pegal hingga penglihatan pun ikut terganggu. Oleh karena itu, selama WFH sebaiknya kamu juga memerhatikan kesehatan mata agar produktivitas tetap terjaga.

Kamu perlu tahu bahwa pancaran radiasi dari alat elektronik dapat memberikan efek pada kesehatan mata. Beberapa gejalanya ialah ketika matamu mulai lelah, hilangnya konsentrasi, hingga pandangan yang tiba-tiba mudah kabur. Maka dari itu, mulai dari sekarang, kamu perlu peduli terhadap kesehatan mata sebelum berkembang tumbuh menjadi penyakit yang lebih serius.

Berbicara mengenai kesehatan mata, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 tips menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer dan gadget saat WFH. Dilansir dari Liputan6.com, simak semua tipsnya berikut ini.

Mengatur Pencahayaan Ruangan agar Lebih Ideal dan Aman

Tips menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer dan gadget saat wfh yang pertama ialah dengan mengatur pencahayaan ruangan. Cahaya terang yang berlebihan atau cahaya redup mungkin jadi penyebab ketegangan mata. Atur kondisi ideal pencahayaan interior sehingga mata kamu bisa bekerja tanpa merasa tegang.

Selain itu, kebanyakan sistem pencahayaan di kantor menempatkan titik lampu pada titik tengah ruangan atau pada beberapa titik yang dipasang secara simetris dan merata. Teknik ini digunakan untuk menghasilkan sumber cahaya secara terang dan menyeluruh.

Padahal, cahaya langsung dari atas kepala ini dapat menyebabkan mata cepat lelah karena silau dan dapat menurunkan produktivitas kerja. Hindari hanya memiliki lampu ruangan dengan penerangan yang langsung diarahkan ke bawah. Sebaiknya, posisikan layar komputer kamu di samping jendela, bukan di depan atau di belakangnya.

Mengatur Pencahayaan Komputer dan Gadget

Tips menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer dan gadget saat wfh ialah dengan mengatur pencahayaan komputer dan gadget. Tidak hanya pencahayaan ruangan saja yang perlu kamu perhatikan, namun pencahayaan pada komputer juga harus benar-benar diperhatikan.

Sesuaikan kecerahan layar komputer sehingga kira-kira sama dengan kecerahan di ruangan kerja. Menggunakan layar anti silau atau anti-glare juga dapat menjadi cara melindungi mata dari radiasi komputer. Mengatur kontras ukuran dan warna font juga mempengaruhi kenyamanan kamu dalam bekerja. Teks hitam dengan latar belakan putih tentunya menjadi solusi terbaik.

Selain itu, mengurangi color temperature atau spektrum cahaya yang dipancarkan oleh layar juga dapat memberikan kenyamanan dalam penggunaan komputer dan gadget yang lama.

Mengatur Jarak Pandang dari Komputer dan Gadget

Berikutnya, tips menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer dan gadget ialah dengan menjaga jarak pandang dari monitor layar komputer maupun gadget. Setelah seluruh pencahayaan sudah kamu pastikan, kamu perlu juga untuk menjaga jarak dengan layar monitor.

Posisi jarak pandang optimal untuk melihat layar komputer adalah sekitar 50–66 cm atau sekitar satu rentangan tangan menurut para peneliti. Hal ini dapat membuat kamu tidak perlu merasakan mata tegang dan tidak perlu meregangkan leher lagi.

Selain itu, untuk mengatur jarak pandang kamu terhadap monitor, dibutuhkan juga pengaturan kursi dengan ketinggian yang sesuai agar postur tubuhmu terjaga saat bekerja dengan komputer. Selain itu, jika kamu menggunakan lampu meja, pastikan sinar lampu tidak mengarah ke mata ataupun layar komputer.

Sering Mengedipkan Mata

Keempat, tips menjaga kesehatan mata berikutnya ialah dengan sering mengedipkan mata saat berhadapan dengan layar monitor untuk waktu yang cukup lama. Perlu kamu tahu bahwa mengedipkan mata bisa membantu mata untuk mencegah iritasi. Berkediplah sesering mungkin untuk melembabkan mata kamu. Hal ini tentunya juga bisa digunakan sebagai cara melindungi mata dari radiasi komputer yang efektif.

Terlalu lama di depan komputer akan membuat kamu secara tidak sadar jarang berkedip. Padahal dengan berkedip, hal ini akan melembapkan mata sehingga bisa mencegah kekeringan atau iritasi mata.

Meskipun terlihat sepele,  berkedip sangat bermanfaat saat bekerja di depan komputer. Sebuah studi mengatakan bahwa seseorang yang berkerja di depan komputer dan hanya berkedip 9 kali dalam semenit (umumnya seseorang berkedip 18 kali/menit) justru lebih berisiko mengalami mata kering, lelah, gatal-gatal, dan terasa mata.

Menggunakan Kaca Mata

Terakhir, tips menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer dan gadget ialah dengan menggunakan kaca mata saat bekerja di rumah. Penggunaan kaca mata ini dapat membantu mengurangi pancaran radiasi yang mengenai mata, apalagi jika kaca mata yang kamu gunakan ialah berlensa khusus untuk menghalau radiasi.

Sebagai informasi tambahan, jika kamu ingin menggunakan tips ini, maka pastikan jenis dan bentuk kaca mata yang kamu gunakan sudah membuatmu nyaman. Jika tidak, kamu justru akan terganggu saat menggunakan kaca mata karena berat dan lain sebagainya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading