Sukses

Lifestyle

Viral, Odading Memiliki Nama Lain yang Unik dari Berbagai Daerah

Fimela.com, Jakarta Odading merupakan kue goreng yang baru-baru ini sedang viral di media sosial. Makanan tradisional satu ini mulai viral di media sosial, karena warganet bernama Ade Londok mengungkapkan bahwa memakan odading akan membuat kita menjadi seperti Iron Man, kalau tidak makan orang maka bukan teman sepergaulan Ade Londok.

Karena promosi Ade Londok di media sosial, warung yang bernama Odading Mang Oleh menjadi sangat ramai. Bahkan pembeli harus mengantri untuk membeli odading, hingga polisi turun ke kawasan tersebut untuk menertibkan pembeli yang sangat ramai.

Odading yang merupakan kue goreng ini, memiliki nama lain dari berbagai daerah. Berikut beberapa nama lain odading dari berbagai daerah, yang dilansir dari berbagai sumber:

Nama Lain Odading dari Daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Yogyakarta

Kue goreng ini diberi nama odading karena berasal dari Bandung. Namun ternyata odading juga terkenal diseluruh pulau Jawa, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Yogyakarta.

Makanan ini biasanya dijual di pinggir jalan dengan gerobak atau warung penjual jajanan pasar. Kue goreng ini dijual dengan harga yang cukup ekonomis, sekitar 500 rupiah hingga 1000 rupiah saja. Tentu saja nama dari kue goreng ini berbeda-beda dari tiap daerahnya.

Di daerah Jawa Tengah odading memiliki nama lain yaitu bolang-baling sebutan di daerah Semarang, disebut gembukan di daerah Solo, disebut golang-galing di daerah Banyumas, disebut gondang-gandung di daerah Magelang, dan disebut roten di daerah Tegal.

Untuk di daerah Yogyakarta, kue goreng ini sering disebut galundeng atau bolang-baling. Biasanya kue ini dijual bersama dengan cakwe.

Untuk di daerah Jawa Timur, kue goreng ini disebut dengan godho roti di daerah Sidoarjo, disebut mandel di daerah gresik, disebut roti goreng di daerah Malang, dan disebut montor di daerah Blitar.

Sedangkan di daerah Jawa Barat, kue goreng ini memiliki nama lain kue bantal di daerah Jakarta, dan memiliki nama odading di daerah Bandung yang sangat terkenal milik Mang Oleh.

Nama Lain Odading di Daerah Luar Pulau Jawa

Selain di Pulau Jawa, kue goreng yang terkenal dengan nama odading ini, juga terkenal di luar Pulau Jawa dan memiliki nama lain yang tak kalah unik.

Seperti di daerah Medan, kue goreng ini memiliki nama lain kue bohong. Di daerah Manado, kue goreng ini terkenal dengan nama brot goreng. Sedangkan di daerah Banjarmasin, kue goreng ini memiliki nama lain kue untuk-untuk.

 

Nama Lain Odading di Luar Negeri

Kue goreng bernama odading ini, ternyata juga terkenal di luar negeri. Kue goreng ini juga memiliki nama lain yang unik.

Di negara  Arab, kue goreng disebut dengan bakhomri. Di negara Perancis, odading disebut dengan beignet. Sedangkan di Belanda, kue ini disebut dengan oliebollen.

;
Loading