Sukses

Lifestyle

Pernikahan Tanpa Kartu Skor, Pasangan Ini Belajar Saling Memahami dari Orangtuanya

Fimela.com, Jakarta Pernikahan menjadi tahapan paling kompleks dalam sebuah hubungan. Ada banyak situasi aneh yang mungkin tidak bisa dipahami orang-orang di sekitar. Namun hanya dipahami oleh suami istri yang menjalin pernikahan selama bertahun-tahun.

Seorang laki-laki bernama Todd sudah begitu akrab dengan keluarga sang kekasih. Kerap menghabiskan waktu bersama, seperti menonton film pada malam Natal, tidak membuat Todd memahami seutuhnya apa yang dilakukan oleh keluarga sang kekasih.

Salah satu hal paling aneh menurut Todd yang dilakukan oleh keluarga kekasihnya adalah mengisikan bensin untuk mobil sang ibu. Betapa anehnya mengisi bensin di tengah malam Natal yang beku dan dingin.

Namun melihat sang kekasih begitu ngotot mengisikan bensin, Todd hanya pasrah menurut. Meski tanda tanya besar masih menyelimuti Todd, untuk apa mengisi bensin mobil larut malam yang dingin.

 

Tanpa rasa bosan dan kesal

"Kalau aku dan saudara-saudaraku pulang berlibur, kami membantu ayah mengisikan bensin untuk mobil ibu. Kebiasaan itu menjadi permainan yang mengasyikkan bagi kami. Kami tahu kapan ibu akan minta tolong dan yang terakhir keluar ruangan, dialah yang harus pergi," jelas sang kekasih.

Merasa mendapat jawaban yang tidak menjawab pertanyaannya, Todd tetap menemani sang kekasih mengisikan bensin untuk mobil ibunya. Hawa dingin yang menusuk tulang harus ditahan Todd dan kekasihnya sementara mobil diisi bensin.

Di sela-sela waktu menunggu, kekasihnya kembali menjelaskan apa yang terjadi. Rupanya selama 20 tahun pernikahan ibu dan ayahnya, sang ibu sama sekali tidak pernah mengisi bensin untuk mobilnya sendiri. Jadi, sang ayahlah yang akhirnya mengisikan bensin.

Mendengar hal tersebut, Todd semakin bingung. Orang gila mana yang tidak bosan dan kesal karena harus repot-repot mengisikan bensin untuk mobil yang bukan miliknya.

 

Rela melakukan apapun

Melihat Todd yang semakin bingung, akhirnya sang kekasih menarik cerita di masa ia kuliah tahun kedua dan sedang berlibur. Seperti sekarang ini. Kala itu, ia mengira sudah mengetahui segalanya tentang perempuan dan pernikahan dengan mengikuti organsasi independensi perempuan. Namun nyatanya, tidak.

"Suatu malam, Ibu dan aku membungkusi hadiah-hadiah dan kukatakan padanya bahwa kelak kalau aku menikah, suamiku akan menolongku membersihkan rumah, mencuci pakaian, memasak, dan segala macam urusan rumah tangga lainnya," cerita sang kekasih pada Todd.

Sang kekasih pun pernah bertanya, apakah ibuku pernah bosan mencuci baju atau mencuci piring dan gelas. Sang ibumu menjawab dengan sederhana.

"Dalam perkawinan, ada hal-hal yang kau suka mengerjakannya, ada pula yang sama sekali kau tak suka. Maka, bersama-sama, aku dan pasanganku mencoba mengetahui hal-hal kecil yang dengan suka rela akan kalian lakukan untuk pasangan," kata sang ibu kala itu.

"Aku sama sekali tidak keberatan mengurus cucian. Tentu saja itu membutuhkan waktu, tetapi itulah yang aku lakukan untuk ayahmu," jelas sang ibu.

 

Pernikahan tanpa kartu skor

Rupanya, sang ibu tidak bisa menghirup aroma bensin yang menyengat dan langsung akan membuatnya pusing. Ia pun tidak suka berdiri menunggu bensin diisi di tengah udara dingin yang membeku. Itu sebabnya sang ayahlah yang selalu mengisikan bensin untuk mobilnya.

"Ingat! Dalam perkawinan, kartu skor tidak berlaku. Kamu melakukan hal-hal kecil untuk pasanganmu, untuk membuat hidup pasangamu jadi lebih mudah. Kalau kau berpikir itu akan menolong orang yang kamu cintai, kamu tidak akan kesal waktu mencuci atau memasak, atau melakukan apapun, sebab kamu melakukannya dengan didasari cinta," jelas sang ibu kala itu.

Sejak saat itu, Todd dan kekasihnnya sama-sama mengerti pandangan tentang pernikahan tanpa kartu skor. Tidak menghitung apa yang telah dan akan kamu lakukan untuk pasangan.

Sepanjang perjalanan pulang, Todd hanya diam saja dan fokus menyetir mobil. Begitu mematikan mesin mobil, Todd berpaling ke arah kekasihnya, meraih kedua tangannya sembari memberikan senyuman paling hangat.

"Kapanpun kamu menyuruhku, aku akan mengisikan bensin untuk mobilmu," kata Todd.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading